5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Bikin Badan Segar Lagi

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 17 September 2024 18:48WIB
Ubi jalar

Energi yang dikeluarkan saat olahraga sering kali memicu rasa lapar. Tapi, apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah olahraga?
Pola hidup sehat adalah salah satu cara untuk menjaga stamina tubuh. Olahraga menjadi salah satu pola hidup sehat yang bisa Anda jalani.

Banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Tapi, apa pun jenisnya, olahraga yang baik tetap memerlukan konsumsi makanan yang sehat pula.

Tubuh membutuhkan nutrisi yang seimbang setiap harinya, termasuk setelah berolahraga.

Makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga
Setelah berolahraga, otot-otot bisa menangkan nutrisi lebih cepat saat berolahraga. Kondisi ini mendukung pemulihan tubuh yang maksimal.

Para ahli berpendapat, makan dapat dilakukan 30 menit hingga 2 jam setelah berolahraga. Hal ini diperlukan agar glikogen bekerja maksimal dan mendukung perbaikan otot.

Tak perlu khawatir, makan setelah berolahraga tak akan merusak diet yang sedang dijalani selama kandungan nutrisinya diperhatikan.

Melansir Real Simple, berikut beberapa makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga.

1. Susu cokelat
Jangan nilai susu coklat sebagai minuman tinggi kalori. Justru susu cokelat mengandung banyak nutrisi.

Kandungan di dalam susu cokelat membantu mempercepat pemulihan dengan baik karena kandungan lemak, air, dan elektrolit yang ada di dalamnya.

2. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti serat. Ubi jalar juga bisa dinikmati dengan berbagai cara.

Untuk menambah asupan protein, padukan ubi jalar dan keju sebagai makanan setelah Anda berolahraga.

3. Salmon
Energi yang terkuras selepas olahraga bisa Anda isi kembali dengan salmon. Rasanya yang nikmat setara dengan kandungan nutrisinya.

Salmon kaya akan protein dan asam lemak omega-3.

Jika Anda membutuhkan karbohidrat dan nutrisi lainnya, maka padukan salmon dengan roti gandum.

4. Green smoothie
Green smoothie bakal menyegarkan tubuh setelah berolahraga. Minuman satu ini mengandung banyak nutrisi mulai dari serat, elektrolit, dan senyawa nabati lainnya.

Anda bisa membuat smoothie yang terbuat dari sayur-sayur tertentu setelah berolahraga.

5. Roti alpukat
Kandungan karbohidrat yang tinggi, senyawa nabati, dan lemak sehat menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi setelah olahraga. Anda juga bisa menambahkan telur ceplok untuk meningkatkan kandungan proteinnya.

Demikian beberapa makanan yang baik dikonsumsi setelah berolahraga. Tetap perhatikan kebutuhan kalori per hari sesuai kondisi tubuh agar makan tak sampai berlebihan. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Lolly Dijemput Paksa Nikita Mirzani Hingga Meraung-raung

Laura Meizani Mawardi alias Lolly dijemput paksa oleh ibunya, Nikita Mirzani, di tengah perseteruan mereka…