Ke SINGAPURA Semakin Dekat dan Mudah! Batik Air Segera Hubungkan Lebih dari 40 Kota Asal Indonesia bagian Timur Melalui MAKASSAR

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 27 Oktober 2022 14:29WIB
Batik Air
  • Penerbangan Makassar – Singapura – Makassar, bagian upaya memperlancar akses perjalanan bagi pebisnis dan wisatawan di Asia Tenggara: Indonesia dan Singapura.

Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group akan memulai penerbangan perdana penumpang berjadwal yang dijadwalkan 16 Desember 2022 dari Indonesia melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, Sulawesi Selatan (UPG) menuju Bandar Udara Internasional Changi di Singapura (SIN), dilayani tanpa transit (langsung) pergi pulang (PP).

Rute baru yang diperkenalkan bersamaan momentum Hari Penerbangan Internasional (diperingati setiap 7 Desember) ini akan menghubungkan terutama lebih dari 40 kota asal dari Indonesia bagian timur meliputi Sulawesi Selatan: Makassar, Selayar, Tana Toraja, Palopo; Sulawesi Barat: Mamuju; Sulawesi Tenggara: Kendari, Kolaka, Raha, Bau-Bau; Sulawesi Tengah: Palu, Luwuk, Morowali; Gorontalo, Sulawesi Utara: Manado, Melonguane, Miangas, Tahuna; Maluku: Ambon, Saumlaki, Langgur, Dobo, Namlea; Maluku Utara: Ternate, Morotai, Labuha; Papua: Jayapura, Biak; Papua Barat: Sorong, Manokwari, Fakfak, Kaimana; Papua Tengah: Nabire, Timika; Papua Pegunungan: Wamena, Dekai; Papua Selatan: Asmat, Merauke. Selain itu, menawarkan kemudahan penerbangan yang berasal dari Pulau Kalimantan bagian utara dan timur, antara lain Balikpapan, Berau, Samarinda, Banjarmasin, Kotabaru, Batulicin, Tanjung Selor, Malinau, Tarakan dan kota-kota lainnya dengan transit di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin untuk melanjutkan penerbangan menuju Singapura.

Jadwal terbang

Rute

No. Terbang

Waktu Berangkat

Waktu Tiba

Keterangan

Makassar (UPG) – Singapura (SIN)

ID-7294

11.45

14.30

Setiap Senin, Rabu, Jumat, Minggu

Singapura (SIN) – Makassar (UPG)

ID-7295

15.30

18.15

Setiap Senin, Rabu, Jumat, Minggu

Keterangan: tidak ada perbedaan waktu, Makassar menggunakan Waktu Indonesia Tengah (WITA, GMT+ 0*), Singapura dengan Time Standard Singapore (GMT+ 08).

Kesempatan bagi pebisnis dan wisatawan melalui Singapura semakin luas dengan layanan Lion Air Group, terhubung ke Kuala Lumpur, Malaysia dari Kuala Lumpur dapat terkoneksi ke Penang, Langkawi, Kota Kinabalu di Malaysia; Thailand, Pakistan, India, Bangladesh serta negara-negara lainnya.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Batik Air menyediakan pilihan terbang semakin luas bagi wisatawan dan pebisnis dari mancanegara melalui Singapura untuk menuju terutama lebih dari 40 kota tujuan favorit yang berada di Indonesia bagian timur yang terhubung (connecting flight) dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Penerbangan non-stop (tanpa transit) Makassar – Singapura – Makassar yang menghubungkan kota-kota lainnya diharapkan memberikan nilai lebih, karena akan:

  1. Semakin memperlancar dan mempermudah mobilitas masyarakat, wisatawan dan pebisnis dari Indonesia,
  2. Menarik serta mendatangkan wisatawan luar negeri dan pebisnis untuk berkunjung ke Indonesia.
  3. Sebagai upaya berkontribusi terhadap program pemerintah di masing-masing negara sejalan proses pemulihan ekonomi global,
  4. Meningkatkan hubungan bilateral antarnegara, serta
  5. Menyokong kelancaran pergerakan logistik dan perdagangan kawasan Asia.

Penerbangan dari Makassar melengkapi jaringan penerbangan dari Indonesia ke Singapura, saat ini Batik Air sudah melayani penerbangan langsung dari:

  1. Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta di Tangerang, Banten (CGK)
  2. Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan di Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO)
  3. Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB).

Mendatang kata Danang Mandala Prihantoro, penambahan rute internasional menuju Singapura dari kota-kota lain di Indonesia dikembangkan secara bertahap sesuai permintaan pasar transportasi udara.

Rute Surabaya – Singapura PP dipersiapkan armada pesawat jenis Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 156 kelas ekonomi). Armada ini merupakan generasi modern dan baru yang dikirim dari pabrikan pesawat.

Setiap tamu mendapatkan makanan dan minuman (inflight meals); gratis bagasi 20kg untuk kelas ekonomi dan 30kg kelas bisnis; dilengkapi hiburan gratis inflight entertainment on demand serta hiburan yang dapat diakses dari perangkat handphone dan tablet didukung oleh Tripper. Caranya mudah, download aplikasi Tripper sekarang! Hiburan gratis tersedia beragam film seperti Indonesia, Hollywood, sampai Korea. Selain itu para tamu dapat bermain games, membaca majalah digital dan masih banyak lagi.

Upaya memastikan terbang itu sehat, seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station). ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

GAPKI se-Kalimantan Bakal Gelar Borneo Forum ke-7, Simak Jadwal, Lokasi, dan Acaranya

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dari seluruh cabang provinsi di Pulau Kalimantan bakal menggelar…