280 Pelajar Palangka Raya Ikuti Seleksi Paskibraka

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 13 Maret 2023 09:17WIB
Pembukaan seleksi Paskibraka Kota Palangka Raya

Sebanyak 280 pelajar dari seluruh SMA/MA/SMK di Kota Palangka Raya, antusias mengikuti seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Palangka Raya tahun 2023.

Kegiatan seleksi dibuka sWali Kota Palangka Raya melalui Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Urianinu Napulangitdi Aula Gedung Olah Seni Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut Km 2,5 Palangka Raya, , Sabtu (11/3/2023).

Hadir pada acara pembukaan seleksi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Zulhikmah Ravieq, unsur Forkopimda dan Perangkat Daerah. Turut hadir Kabid Ideologi Wasbang dan Karakter Bangsa Nining, Kabid Poldagri, Januardi, Ketua Forum Bela Negara (FBN) Kota Palangka Raya Mambang I Tubil dan undangan lainnya.

Membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya dalam kesempatan itu, Urianinu menyampaikan, program Paskibraka merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

“Karena itu melalui Paskibraka, putra-putri terbaik Kota Palangka Raya dapat menjadi calon pemimpin yang memahami Pancasila, dan bisa mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila serta menjadi teladan di kalangan generasi muda,” katanya.

Paskibraka tidak hanya identik dengan performa fisik (jasmani) tetapi juga karakter dan mental. Melalui Paskibraka menjadi salah satu cara meningkatkan mental dan disiplin generasi muda.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya, Boy Yepthanius, menyampaikan, jumlah kebutuhan Paskibraka Kota Palangka Raya Tahun 2023 yakni sebanyak 72 orang.

“Tahun ini rekrutmen Paskibraka mulai tingkat daerah sampai tingkat nasional, diwajibkan melalui tahapan seleksi. Salah satunya seleksi program Pendidikan Ideologi Pancasila (PIP),” sebutnya.

Dikatakan pula, dalam rekrutmen Paskibraka dilakukan dengan lebih terstandar dan transparan dengan dukungan aplikasi berbasis teknologi yaitu aplikasi transparansi Paskibraka.

“Seleksi Paskibraka ini sesuai waktu dan tahapan yang sudah ditentukan. Mulai dari sosialisasi, pendaftaran, kesamaptaan, seleksi PIP dan intelegensi umum serta kepribadian, seleksi kesehatan maupun pengumuman,” jelas Boy Yepthanius. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur: Karnaval Budaya untuk Promosi Wisata dan Tumbuhkan Ekonomi Kreatif di Kalteng

Kalimantan Tengah menggelar Karnaval Festival Budaya Isen Mulang. Perhelatan akbar ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa…