Ada Pengecer Jual Gas Elpiji 3Kg Rp35-Rp40 Ribu per Tabung

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 28 April 2023 09:57WIB
Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap penjual gas elpiji 3Kg

Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) harga penjualan tabung gas elpiji 3 kg ke warung dan kios pengecer di Jalan RA Milono dan Jalan G Obos Kota Palangka Raya, Kamis (27/4/2023).

Sidak ini juga melibatkan Satpol PP Kota Palangka Raya, Kelurahan Menteng, dan pihak Pertamina.

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya, Samsul Riza mengatakan dari temuannya bersama Tim Gabungan terdapat harga tabung gas elpiji 3 kg dengan harga yang bervariasi hal tersebut disebabkan terjadinya rantai pemasaran.

“Dari hasil penulusuran kami, harga tabung gas elpiji 3 kg cukup bervariasi pada beberapa warung dan kios pengecer mulai dari Rp30 ribu, Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per tabung. Hal ini dikarenakan gas elpiji yang dijual pengecer tidak langsung didapat dari pangkalan melainkan dari pengecer lainnya,” ucap Samsul.

Sebelumnya Pemko Palangka Raya telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpiji 3 kg di pangkalan untuk wilayah Kota Palangka Raya sebesar Rp22 ribu dan khusus wilayah Kecamatan Rakumpit sebesar Rp24 ribu.

Pangkalan menjual tetap dengan harga sesuai HET namun di tingkat pengecer banyak yang menjual dengan harga bervariasi.

Dikatakan Samsul, dari kegiatan sidak ini didapat beberapa permasalahan di lapangan. Untuk itu akan dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan instansi terkait untuk mengatasi harga gas elpiji 3 kg di tingkat pengecer jangan sampai di luar kewajaran.

“Bagi pengecer yang menjual gas elpiji 3 kg di luar kewajaran akan diberikan pembinaan, sedangkan apabila terdapat pangkalan yang menjual melebihi harga HET maka akan dilakukan tindakan berdasarkan surat edaran Walikota Palangka Raya seperti pencabutan ijin usahanya,” kata Samsul Rizal. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur: Karnaval Budaya untuk Promosi Wisata dan Tumbuhkan Ekonomi Kreatif di Kalteng

Kalimantan Tengah menggelar Karnaval Festival Budaya Isen Mulang. Perhelatan akbar ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa…