APSAI Siap Melaksanakan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Katingan

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Rabu, 12 Juni 2024 17:01WIB
Rapat Koordinasi (Rakor) APSAI Program Kerja Tahun 2024di Ruang Rapat Bupati Katingan, Kasongan, Selasa (11/6/2024).

Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Kerja Tahun 2024di Ruang Rapat Bupati Katingan, Kasongan, Selasa (11/6/2024).

Acara ini dihadiri berbagai perusahaan anggota APSAI dan perwakilan perangkat daerah yang bergerak di bidang perlindungan anak.

Ketua APSAI Katingan Hendra Loren, menegaskan komitmen APSAI untuk terus mendorong terciptanya lingkungan kerja dan bisnis yang ramah anak. “Kami percaya setiap perusahaan memiliki peran penting dalam memastikan kesejahteraan anak-anak, baik sebagai konsumen, anggota keluarga karyawan, maupun sebagai bagian dari komunitas sekitar,” ujarnya.

Disampaikan juga, salah satu program kerja kedepannya yaitu terkait penanganan kekerasan seksual terhadap anak, hal ini disebabkan tingginya permasalahan mengenai hal tersebut.

Dalam kesempatan ini juga, Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Katingan juga menyampaikan paparannya. Kenaikan persentase prevalensi stunting di Kabupaten Katingan berdasarkan hasil survey menjadi topik utama.

Selain itu, ada beberapa hal yang juga disampaikan terkait hak anak di lingkungan perusahaan seperti kepemilikan akte bagi anak yang orang tuanya bekerja di perusahaan, adanya pojok asi di lingkungan kerja, tersedianya kawasan bebas asap rokok, taman bermain bagi anak, dukungan pendidikan 12 tahun bagi anak, dan masih banyak lagi hal-hal yang menjadi hak anak.

Penandatangan komitmen bersama APSAI dan Organisasi Perangkat Daerah yang menyatakan kesiapan untuk melaksanakan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Katingan

Rakor ini menjadi ajang bagi perusahaan anggota APSAI dan Organisasi Perangkat Daerah untuk  membahas berbagai program dan inisiatif yang akan dilakukan sepanjang tahun 2024.

Topik utama yang rencananya akan direalisasikan dalam waktu dekat yaitu pelaksanaan peringatan Hari Keluarga Nasional ke tiga puluh satu yang rencananya akan diisi dengan senam bersama, sarapan pagi bersama, penyuluhan tentang stunting, lomba masak makanan bergizi bagi balita dan Posyandu massal.

Melalui peringatan Hari Keluarga Nasional yang diperingati pada tanggal dua puluh delapan juni, akan dilaksanakan kampanye penurunan stunting secara serentak, dengan program gerakan kembali ke meja makan mengangkat tema Anak Berhasil Tumbuh dan Sukses Berkembang Untuk Indonesia Maju.

Dalam kesempatan ini, APSAI juga membahas mekanisme pendanaan bagi kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dan menyepakatinya bersama-sama. “Berat sama dipikul ringan sama dijinjing,” ujar salah satu perwakilan perusahaan yang hadir.

APSAI berkomitmen untuk terus berinovasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak guna menciptakan Katingan yang lebih ramah anak. untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak  di Kabupaten Katingan.

Acara ini diakhiri dengan penandatangan komitmen bersama APSAI dan Organisasi Perangkat Daerah yang menyatakan kesiapan untuk melaksanakan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Katingan. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kongres Dunia SUBUD Ke-16 di Palangka Raya

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo Hadiri dan Membuka acara Kongres Dunia…