Banjir Rendam 4 Kecamatan di Gunung Mas

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 3 Februari 2023 14:12WIB
Banjir di Kabupaten Gunung Mas

Tingginya intesitas curah hujan yang terjadi di wilayah Kabupaten Gunung Mas, membuat sejumlah sungai meluap. Sedikitnya, 3.595 warga terdampak banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Mas, Champili, Kamis (2/2/2023) mengatakan, sejak 30 Januari hingga 2 Februari 2023, ada 3.595 warga terdampak banjir, tersebar di Kecamatan Damang Batu, Kahayan Hulu Utara, Tewah, dan Kurun.

Ke 3.595 warga itu terdiri 400 warga di Kelurahan Tumbang Marikoi, 200 warga di Desa Lawang Kanji, Kecamatan Damang Batu, 350 warga di Kelurahan Tumbang Miri, Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

Kemudian ada 1.520 warga di Kelurahan Tewah, Kecamatan Tewah, serta sekitar 800 warga di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, dan 325 warga di Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun.  “Di beberapa daerah, banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah, dan lainnya,” ungkapnya.  

Banjir merendam dua sekolah di Lawang Kanji, tiga sekolah di Tumbang Miri, dan satu sekolah di Tewah.  Kemudian, satu gereja di Tumbang Marikoi, satu gereja di Tumbang Miri, dan satu fasilitas umum lainnya di Tumbang Miri.

“Banjir diperkirakan akan meluas di desa/kelurahan lain, yang posisinya berada di hilir sungai. Oleh sebab itu, warga diminta untuk selalu waspada dan mengungsi jika memang dirasa perlu,” ujarnya.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Gunung Mas Richard mengatakan, beberapa hari terakhir cuaca ekstrem berupa hujan deras terjadi.

Dia meminta kepada warga untuk waspada terhadap banjir yang diakibatkan meluapnya sungai. “Empat hingga lima hari terakhir ini cuaca ekstrem terjadi. Jadi harus waspada terhadap bencana banjir akibat meluapnya sejumlah sungai, seperti Sungai  Miri, Kahayan, Rungan, dan Manuhing,” katanya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur: Karnaval Budaya untuk Promosi Wisata dan Tumbuhkan Ekonomi Kreatif di Kalteng

Kalimantan Tengah menggelar Karnaval Festival Budaya Isen Mulang. Perhelatan akbar ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa…