Betang Tambau, Rumah Adat Dayak Butuh Perhatian

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 24 Juli 2022 15:40WIB
Betang Tambau

Seiring berjalannya waktu, dengan adanya pergeseran budaya, rumah ini mulai ditinggalkan oleh warga dan maknanya mulai memudar bagi warga. Maka tugas kita sebagai anak bangsa untuk melestarikan budaya kita yang kaya termasuk salah satunya Rumah Betang Tambau khas Kalimantan Tengah.

Rumah Betang Tambau adalah rumah adat khas Muara Teweh Kabupaten Barito Utara Provinsi KalimantanTengah. Rumah Betang Tambau tidak hanya bisa dijumpai di Barito saja  sebab diberbagai wilayah Kalimantan Tengah lainnya juga ada.

Rumah Betang Tambau ini biasa dihuni oleh masyarakat Dayak yang mayoritas menempati daerah hulu sungai. Rumah daerah ini merupakan rumah yang sangat penting bagi warga Kalimantan.

Rumah bentang tambau memiliki bentuk yang memanjang dan menyerupai panggung dengan panjang yang dapat mencapai 30 meter hingga 150 meter serta lebar yang dapat mencapai 10 meter hingga 30 meter. Tiang penyangga dari rumah betang tambau dapat mencapai 3 meter hingga 5 meter.

Rumah betang tambau dapat dihuni 100 – 150 orang. Rumah betang tambau ini dapat dikatakan sebagai rumah suku karna di dalamnya dihuni oleh satu keluarga besar dan dipimpin oleh kepala suku. ***

** Dirangkum dari berbagai sumber

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Logo HUT Ke 67 Provinsi Kalteng 2024 Diluncurkan

Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Kalteng, diluncurkan dilakukan secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub)…