BPBD Kota Palangka Raya Normalisasi Drainase untuk Antisipasi Banjir

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Sabtu, 15 April 2023 17:54WIB
BPBD Kota Palangka Raya melakukan pembersihan drainase dan normalisasi sungai cegah banjir

Tim Tanggap Bencana BPBD Kota Palangka Raya melakukan normalisasi drainase menuju saluran induk pasca banjir di beberapa kawasan di Kota Palangka Raya, Sabtu (15/4/2023).

Kepala BPBD Kota Palangka Raya melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Rodius menyampaikan bahwa salah satu penyebab banjir adalah dikarenakan tersumbatnya derainase akibat tumpukan sampah.

“Untuk menanggulanginya hari ini Tim Gabungan BPBD Kota Palangka Raya, Relawan dan Personil Satpol PP Kota Palangka Raya melakukan pembersihan drainase induk di Jalan Yos Sudarso menuju ke Jalan Mahir Mahar. Pada lokasi tersebut terdapat sekat kanal yang telah dibuat oleh BPBD Kota Palangka Raya,” ucap Rodius.

Pembersihan lokasi sekat kanal tersebut sebagai upaya pemulihan saluran air menuju saluran induk yang bermuara di sungai Kereng Bangkirai. Sehingga tidak ada lagi yang menghambatnya.

Lanjutnya selain untuk mengantisipasi terjadinya banjir, sekat kanal dibersihkan juga guna difungsikan saat masuk musim kemarau sebagai sumber air untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Karena masih dalam status tanggap dalurat bencana banjir, BPBD Kota Palangka Raya bersama Tim Gabungan besok kembali melakukan normalisasi pembersihan sampah-sampah pada drainase saluran induk yang menuju sungai Kahayan yang berdekatan dengan kawasan komplek Pasar Kahayan,” pungkas Rodius. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur: Karnaval Budaya untuk Promosi Wisata dan Tumbuhkan Ekonomi Kreatif di Kalteng

Kalimantan Tengah menggelar Karnaval Festival Budaya Isen Mulang. Perhelatan akbar ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa…