Bupati dan Kajari Gumas Teken Kerja Sama di Bidang Hukum

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 21 Agustus 2022 11:30WIB
Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong dan Kejari Gunung Mas Nixon Nikolaus Nilla menandatangani naskah kerja sama.

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melakukan teken kerja sama di bidang hukum dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gumas.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan naskah kesepakatan bersama antara Pemkab Gumas dalam hal ini Bupati Gumas Jaya Samaya Monong dengan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gumas Nixon Nikolaus Nilla tentang koordinasi dan kerja sama dalam penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara, yang dilaksanakan di Aula Kantor Kejari Gumas. 

Adapaun kegiatan yang dilaksanakan adalah untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi kedua pihak dalam menyelesaikan permasalahan dalam hukum bidang perdata dan tata usaha negara agar lebih cepat dan tepat sasaran memberikan jaminan keberhasilan dalam upaya penegakan hukum di Kabupaten Gumas.

Kajari Gumas dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasikan atas terlaksananya prakarsa kerja sama ini,. “Sebagaimana kewenangan jaksa di bidang perdata dan tata usaha negara yaitu melakukan penegakan hukum, bantuan hukum, pelayanan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lain pada instansi Pemerintah, BUMN, BUMD untuk menyelamatkan kekayaan negara,” ucap Nixon.

Selanjutnya Kajari pun menegaskan bahwa perjanjian kerja sama ini terbatas hanya pada bidang hukum perdata dan tata usaha negara saja yang artinya tidak menyangkut bidang hukum lain seperti pidana umum atau hukum publik dan pidana khusus.

“Dengan harapan atas terjalinnya kerja sama ini pihak Kejaksaan dapat berjalan memberikan bantuan secara optimal,” pungkas Nixon.

Bupati dalam sambutannya menegaskan serta mendukung apa yang telah disampaikan oleh sebelumnya oleh Kajari Gumas.

“Saya harap itu bisa dipahami oleh kita semua, terkhusus kepada Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Gumas agar hal-hal yang telah disampaikan oleh Pak Kajari tadi dapat dimanfaatkan untuk melakukan konsultasi atau koordinasi mengenai hal-hal yang kurang dipahami agar tidak salah dalam mengambil keputasan,” ujar Jaya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Ajukan Mundur dari Wali Kota Solo, Gibran Langsung Kemasi Barang

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka langsung mengemasi barang-barangnya di Balai Kota Solo, Selasa (16/7/2024)….