Bupati Kobar: Gunakan Dana Hibah Parpol Sesuai Peruntukannya

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 6 April 2022 18:25WIB
Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

Laporan hasil pemeriksaan atas bantuan keuangan partai politik (Parpol) di Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2021, telah diserahkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng).
Kegiatan penyerahan yang dilaksanakan pada Selasa, (5/4), kemarin dan bertempat di aula Kantor Bupati, diterima langsung Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

Bupati Nurhidayah berpesan agar partai politik menggunakan keuangan dari pemerintah dengan sebaik-baiknya sesuai peruntukannya, katanya, Rabu (6/4/2022).

“Bantuan keuangan tersebut bersumber dari APBD, maka setiap penggunaannya selain disesuaikan peruntukannya, juga yang harus diperhatikan adalah ketaatan atas laporan pertanggungjawabannya,” pesan Nurhidayah.

Disamping itu, atas nama pemerintah daerah, Nurhidayah menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pihak yang terlibat, dalam kegiatan bantuan keuangan kepada partai politik di kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), mulai dari tahap proses pengusulan hingga tahap proses pelaporan pertanggungjawaban keuangan.

Nurhidayah mengungkapkan, jika peran partai politik dewasa ini sangat signifikan dalam sistem politik karena menjadi poros penting dalam demokrasi.

“Partai politik tidak hanya menjadi saluran partisipasi politik warga negara, tetapi juga mengintegrasikan para individu dan kelompok dalam masyarakat kedalam sistem politik,” ungkapnya.

Bupati perempuan pertana di Kalteng ini juga menyampaikan, jika proses politik demokrasi tidak akan dapat berlangsung tanpa sumber keuangan dan tanpa dana yang memadai.

“Berdasarkan ketentuan yang berlaku, sumber keuangan partai politik salah satunya dari subsidi pemerintah yang bersumber dari APBN atau APBD, baik yang dialokasikan secara langsung maupun secara tidak langsung kepada partai politik,” katanya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

38 Warga Palangka Raya Terjaring Razia Penindakan Pelanggaran Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Lingkungan

Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palangka Raya menggelar razia yustisi untuk…