Deteksi Dini Kanker Serviks, Bhayangkari Kalteng Gelar Kegiatan Pap Smear di Rumkit Bhayangkara Palangka Raya

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 12 Mei 2022 18:15WIB
Ketua Bhayangkari Daerah Kalteng Ny Dewi Nanang Avianto menyerahkan tali asih kepada tenaga medis Rumkit Bhayangkara Palangka Raya.

Dalam rangka Memperingati Hut Ke-42 Yayasan Kemala Bhayangkari, Ketua Bhayangkari Daerah Kalteng Ny. Dewi Nanang Avianto menggelar kegiatan deteksi dini kanker serviks dengan pengujian medis untuk mengetahui ada tidaknya gangguan pada leher rahim (pap smear) bagi pengurus dan anggotanya se-daerah Kalimantan Tengah.

Kegiatan yang berlangsung di rawat inap lantai 3 Paviliun Presisi RS. Bhayangkara Jalan H. Ikap No. 03 Kota Palangka Raya tersebut, diikut sebanyak 30 orang yang terdiri dari Bhayangkari, Polwan dan ASN Polri, Kamis (12/5/22) pagi.

Pada kesempatan ini, Pengurus Bhayangkari Daerah Kalteng berkerjsama dengan Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya dan Klinik Prodia Kota Palangka Raya dalam melakukan pemeriksaan Pap Smear.

Turut hadir Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto dan Dokter Spesialis Obgyn dr. Enricko M.S. Djangkan, M. Biomed, Sp. OG dalam mendukung kegiatan tersebut.

Ketua Bhayangkari Daerah Kalteng Ny. Dewi Nanang Avianto berharap dengan adanya pemeriksaan rutin pap smear ini, diharapkan dapat mencegah dan membebaskan para wanita dari risiko kanker serviks sejak dini.

Dengan demikian, tenaga medis dapat menangani lebih awal sehingga kanker tersebut tidak berkembang menjadi kanker ganas.

Karumkit Bhayangkara Tk III Palangka Raya melalui Dokter Spesialis Obgyn dr. Enricko M.S. Djangkan, M. Biomed, Sp. OG menjelaskan, Pap smear merupakan metode pendeteksi dini terhadap tumbuhnya sel kanker serviks yang ada pada kaum hawa.

Pemeriksaan tersebut dilakukan melalui tes pap oleh dokter, untuk menentukan kesehatan leher rahim (serviks) atau mendeteksi adanya perubahan abnormal pada sel-sel.

“Pemeriksaan seperti ini dianjurkan untuk rutin dilakukan setiap tahun sekali bagi kaum wanita yang sudah menikah pada rentang usia 21 hingga usia 65 tahun. Sebab pada usia tersebut, wanita rentan terhadap kanker leher Rahim,” jelas dr. Enricko.

Diakhir kegiatan, Ketua Bhayangkari Daerah Kalteng menyerahkan tali asih kepada Karumkit Bhayangkara Palangka Raya, Dokter Spesialis Obgyn, dan Petugas Medis. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…