Diharapkan Memberi Dampak Positif bagi Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Kalteng

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 20 Maret 2023 10:34WIB
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo bersama pemenang berbagai lomba Festival Tambun Bungai 2023
  • Wagub Kalteng Edy Pratowo Tutup Secara Resmi Festival Tambun Bungai Tahun 2023

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng menutup secara resmi kegiatan Festival Tambun Bungai Tahun 2023 di Lapangan Sanaman Mantikei Palangka Raya, Sabtu (18/3/2023) malam.

Gubernur Kalteng dalam sambutannya yang dibacakan Wagub Edy Pratowo, mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengucapkan terimakasih dan menyambut gembira dengan terlaksananya Festival Tambun Bungai Tahun 2023, serta mengapresiasi kerja keras panitia pelaksana, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik.

“Melalui kegiatan ini, talenta-talenta muda Kalimantan Tengah dapat menampilkan karya dan kreativitasnya sekaligus memperkenalkan ciri khas Budaya Kalimantan Tengah” ucap Edi.

“Selain itu, ajang Festival Tambun Bungai diharapkan dapat memberikan efek jangka panjang serta berkontribusi dalam Pembangunan Daerah melalui pelibatan pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif” sambungnya.

Sebagai salah satu materi dari rangkaian Event Daerah Kalimantan Tengah, Festival Tambun Bungai diharapkan mampu menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Penyediaan wadah bagi para pelaku Seni, Industri Kreatif, UMKM dan Ekonomi Kreatif merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Kalteng baik secara langsung maupun tidak langsung” tambahnya.

“Mengakhiri sambutan ini, saya mengajak kepada semua, baik Pemerintah Daerah, Pihak swasta, perguruan tinggi dan seluruh Stakeholder terkait, untuk berkolaborasi, bahu-membahu, bekerja sama, dan bersinergi dalam mengembangkan kebudayaan dan pariwisata di Provinsi Kalimantan Tengah” tutupnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng dalam laporannya yang dibacakan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng Adiah Chandra Sari menyampaikan, kegiatan Festival Tambun Bungai ini telah terlaksana tepat waktu, baik dan lancar, sesuai harapan bersama.

Ia juga melaporkan dari masing-masing rangkaian kegiatan, lomba Bakesah diikuti 16 orang peserta, lomba Tari Kreasi Daerah oleh 16 grup, lomba Foto dan Vlog oleh 24 orang peserta, Benang Bintik Festival oleh 96 orang peserta, Bazar UMKM terdiri dari 69 stand, serta jalan sehat akan dilaksanakan besok hari, yang akan diikuti oleh masyarakat umum. Masing-masing pemenang dari setiap cabang lomba mendapatkan hadiah berupa Piala, uang tunai dan produk dari sponsor acara” lapor Adiah.

Adiah mengatakan melihat tingginya antusiasme masyarakat untuk menyaksikan festival ini, kami merasa bahwa kegiatan seni budaya, atraksi dan hiburan perlu diadakan, selain sebagai sarana untuk melestarikan budaya Kalimantan Tengah, mempromosikannya, juga untuk menambah rasa bangga masyarakat Kalimantan Tengah terhadap materi kebudayaannya sendiri” jelas dia.

“Kami atas nama seluruh panitia penyelenggara menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak penyelenggara dan para sponsorship acara, yaitu : Bank Indonesia, OJK, Bank Kalteng, Jamkrida, DAD Provinsi Kalimantan Tengah, dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Serta mengucapkan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan dan kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan ini” pungkasnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur: Karnaval Budaya untuk Promosi Wisata dan Tumbuhkan Ekonomi Kreatif di Kalteng

Kalimantan Tengah menggelar Karnaval Festival Budaya Isen Mulang. Perhelatan akbar ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa…