Dinkes Palangka Raya Sudah Tangani 1.531 Warga Sakit Akibat Banjir

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 28 November 2022 13:19WIB
Pemeriksaan kesehatan warga terdampak banjir Kota Palangka Raya

Sedikitnya 1.531 warga korban banjir di Kota Palangka Raya, telah ditangani Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Data jumlah warga korban banjir sebanyak itu, tercatat sejak bencana banjir melanda Kota Palangka Raya yakni pada 14 November 2022 lalu.

“Hasil rekapitulasi sementara, warga korban banjir masih terus bergerak dinamis karena ada warga yang langsung mengakses layanan Puskesmas di wilayah masing-masing juga,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, Senin (28/11/2022).

Disebutkan Andjar, dari total 1.531 warga yang diserang penyakit akibat banjir, sebagian besar di antaranya mengalami sakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan alergi kulit.

Sementara sisanya adalah penyakit lain yang umumnya berkaitan dengan kesehatan lingkungan mulai dari nyeri otot, keluhan lambung, diare, sakit kepala, demam, hingga hipertensi.

“Mungkin sebagian korban kaget dengan peristiwa tersebut karena ini berlangsung sangat cepat, jadi mereka stres dan tensi mereka juga naik,” ucapnya.

Pihaknya tambah Andjar memastikan ketersediaan pertolongan medis berupa obat-obatan bagi masyarakat yang terjangkit penyakit akibat banjir di wilayahnya.

“Kami.pastikan obat-obatan aman. Bahkan sejak awal terjadi banjir bantuan sudah datang. Kami juga telah menyiagakan tim medis di sejumlah posko banjir dan tempat-tempat pengungsian serta permukiman masyarakat untuk menjamin pertolongan kesehatan bagi warga korban banjir,” pungkasnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Pemprov Segera Launching Logo Resmi Hari Jadi Ke 67 Provinsi Kalteng Tahun 2024

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan segera me-launching logo Hari Jadi Ke-67 Provinsi Kalteng…