Diskominfo Barsel Targetkan Terbentuknya KIM di Semua Desa/Kelurahan

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 3 Maret 2023 14:03WIB
Fasilitasi dan Sosialisasi KIM di Desa Patas I

Untuk Mendorong serta mendukung terbentuknya Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Desa/Kelurahan  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Barito Selatan (Kab.Barsel) melalui Bidang Komunikasi dan Informasi (Kominfo) terus mengoptimalkan sosialisasi dan fasilitasi pembentukan KIM di desa/kelurahan.

Kali ini giliran Kelurahan Buntok Kota Kecamatan Dusun Selatan, Kelurahan Bangkuang Kecamatan Karau Kuala serta Desa Patas I Kecamatan Gunung Bintang Awai di aula desa/kelurahan setempat, Kamis (2/3/2023).

Lurah Bangkuang H.M Iqbal sampaikan ucapan terima kasih atas digelarnya fasilitasi dan sosialisasi tersebut. Sehingga melalui KIM ini nantinya informasi-informasi mengenai pemerintah daerah maupun desa bisa tersalurkan ke masyarakat luas begitu pula sebaliknya.

“Kami mengundang secara khusus perwakilan kelompok Tani, Kelompok Nelayan, UMKM dan Karang Taruna serta pemuda yang ada di Kelurahan Bangkuang untuk mengikuti kegiatan ini. Semoga dengan terbentuknya KIM, berita-berita tentang pemerintah daerah itu bisa sampai ke desa-desa,” ucapnya.

Kepala Diskominfo Barsel Syahdiannur melalui salah satu narasumber dari Diskominfo Barsel Wans Fartha kegiatan serupa juga dilaksanakan di Kecamatan Jenamas dan kecamatan Dusun Hilir. “Kami menargetkan seluruh desa//kelurahan  yang ada di Kabupaten Barito Selatan ada KIM, semoga tahun depan seluruh desa/kelurahan  bisa terbentuk KIM,” harapnya.

Keberadaan Kim sangat penting dimasyarakat, dimana selain bisa memuat informasi desa/kelurahan yang dapat diakses oleh masyarakat global, KIM juga dapat menjadi wadah mempromosikan potensi yang terdapat di desa/kelurahan baik itu potensi wisata, potensi kebudayaan, potensi kuliner dan lain-lain, ujar Wans.

Lurah Buntok Kota Karunia Ardhi Trisnanto  sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini dan menyatakan akan siap bekerjasama dalam mengantisipasi berita-berita hoax yang beredar dengan segera membentuk KIM di Kelurahan Buntok kota, ungkapnya.

Di Kelurahan Buntok Kota narasumber dari Diskominfo Barsel Sri Wahyuni menjelaskan, prioritas pada pembentukan KIM tingkat desa/kelurahan terlebih dahulu yang selanjutnya akan dibentuk secara berjenjang ketingkat kecamatan.

Sedangkan di Desa Patas I narasumber dari Diskomonfo Barsel Fahriaji menjelaskan pembentukan KIM dilaksanakan untuk memperluas jangkauan kelompok informasi masyarakat secara lebih merata dan dapat menyalurkan informasi yang akurat.

“KIM menjadi saluran informasi dari pemerintah daerah ke masyarakat dan masyarakat ke pemerintah daerah yang nanttinya akan dibagikan kepada anggota komunitasnya,” ujar Fahriaji.

Untuk diketahui, dalam kegiatan fasilitasi dansosialisasi tersebut diikuti oleh  peserta yang melibatkan unsur Pemerintah Desa dan Kelurahan, karang taruna, PKK, admin website desa.***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…