Diwakili Kotim, Kalteng Juara I Pawai Taaruf MTQ Nasional XXIX di Kalsel

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 12 Oktober 2022 07:50WIB
Bupati Kotim Halikinnoor diatas mobil hias yang menjadi Juara I Pawaai Taaruf MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 di Kalsel

Kafilah Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili Kabupaten Kotawaringin Timur menjadi juara I mobil hias pawai taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 yang diselenggarakan di Kota Martapura Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa.

“Alhamdulillah, atas kepercayaan dan dukungan dari Bapak Gubernur Kalimantan Tengah Bapak pada hari ini merupakan suatu kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yang dipercaya untuk mewakili Provinsi Kalimantan Tengah pada Pawai Taaruf MTQ-Nasional ke-29 Tahun 2022 di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Alhamdulillah wa syukurillah, Provinsi Kalimantan Tengah meraih Juara I pada kegiatan ini,” kata Bupati Halikinnoor, Selasa.

Pawai taaruf dibuka Gubernur Kalsel, Syahbirin Noor alias Paman Birin, didampingi sejumlah pejabat daerah lainnya. MTQ Nasional XXIX  rencananya akan dibuka Presiden RI, Joko Widodo di Martapura, pada Rabu (12/10/2022).

Saat pawai taaruf, mobil hias kafilah Provinsi Kalimantan Tengah menarik perhatian penonton. Nuansa etnik dan religi dipadukan selaras sehingga menampilkan tampilan yang sangat menarik dan berbeda.

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor didapuk tampil menaiki kendaraan hias tersebut. Masyarakat antusias, bahkan banyak yang menyempatkan berfoto ketika mobil hias tersebut melintas lambat di rute yang dilewati.

Saat pengumuman, tepuk tangan dan teriakan gembira langsung terdengar ketika diumumkan bahwa mobil hias kafilah Provinsi Kalteng dengan nomor peserta 3 dengan nilai 335 menjadi juara pertama.

“Terima kasih atas dukungan semua. Kami senang tadi warga juga antusias melihat mobil hias Kalimantan Tengah,” kata Halikinnor.

Mobil dihias yang ditampilkan mengusung tema khas Kalteng, seperti banama atau perahu, burung tingang dan huma betang. Ornamen khas Dayak Kalteng dipadukan nuansa Islami seperti kubah dan lainnya.

Tim mobil hias dipimpin Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kotawaringin Timur Raihansyah. Menurutnya, tema yang diusung menggambarkan harmonisasi kehidupan beragama di Kalimantan Tengah.

“Kami mengusung tema Banama Tingang yang melambangkan serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, kearifan lokal, hingga semangat pantang menyerah. Untuk membawa masyarakat Kalimantan Tengah menuju bumi keberkahan,” kata Raihansyah.

Pawai taaruf diikuti 27 kafilah, ditambah dari perwakilan kabupaten/kota dan lembaga serta organisasi di Provinsi Kalsel. Pawai ini menjadi awal rangkaian MTQ Nasional XXIX yang dilaksanakan 10-19 Oktober 2022 di depan Kantor Bupati Banjar atau depan lapangan CBS Martapura. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…