FBIM KALTENG 2024 – Barut Raih Juara I Lomba Sepak Sawut

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 24 Mei 2024 19:39WIB
Satu tim Sepak Sawut berlaga melawan tim kabupaten lain dalam Lomba Sepak Sawut FBIM 2024

Tim Sepak Sawut Kabupaten Barito Utara (Barut) berhasil meraih juara I pada pertandingan Lomba Sepak Sawut pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2024, di Halaman GOR Serba Guna Jl. Tjilik Riwut, Palangka Raya, Minggu (19/5/2024).

Lomba Sepak Sawut diikuti sembilan Kabupaten/Kota yaitu Barito Utara, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara, Barito Timur, Palangka Raya, Murung Raya, dan Barito Selatan.

Adapun selengkapnya pemenang Lomba Sepak Sawut, Juara I diraih Kabupaten Barito Utara, Juara II Kabupaten Sukamara, Juara III Kota Palangka Raya.

Harapan I diraih Kabupaten Kotawaringin Barat, Harapan II Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Harapan III Kabupaten Murung Raya.

Sepak sawut merupakan permainan tradisional suku Dayak yang mirip dengan sepak bola pada umumnya. Hal yang membedakan antara sepak sawut dengan sepak bola pada umumnya adalah bola yang digunakan terbuat dari kelapa yang dikupas sehingga menyisakan kulit serabutnya. Kelapa tersebut kemudian dilumuri minyak tanah dan dibakar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng Adiah Chandra Sari didampingi Kepala Bidang Kesenian, Tradisi, dan Warisan Budaya (KTWB) Sussy Asty, mengharapkan Sepak Sawut ini dapat diperkenalkan kepada masyarakat, baik lokal, nasional maupun mancanegara sebuah permainan tradisional suku Dayak di masa lampau untuk menjadi salah satu kegiatan atau daya tarik unggulan Kalimantan Tengah untuk mendatangkan wisatawan. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Internasional dari HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2024

Telkomsel dinilai jadi tempat bekerja terbaik di Indonesia tiga tahun berturut-turut Telkomsel dinobatkan sebagai peraih…