FBIM KALTENG 2024 – Kabupaten Kapuas Juara I Lomba Besei Kambe

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 21 Mei 2024 19:08WIB
Lomba Besei Kambe

Hari ketiga penyelenggaraan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024, dilaksanakan perlombaan Besei Kambe, di Sungai Kahayan, Kota Palangka Raya, Senin (20/5/2024).

Perlombaan Besei Kambe diikuti peserta dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng, yang terbagi ke dalam tim putra dan putri.

Adapun pemenang untuk tim putra, Juara I diraih kontingen asal Kabupaten Kapuas, Juara II Barito Utara, Juara III Seruyan, dan Harapan I dari Kabupaten Murung Raya.

Sedangkan untuk tim putri, Juara I diraih oleh juara bertahan yaitu kontingen asal Kabupaten Barito Utara, Juara II Katingan, Juara III Kota Palangka Raya, dan Harapan I dari Kabupaten Barito Selatan

Besei Kambe adalah perlombaan mendayung saling berlawanan arah di dalam satu perahu. Dalam bahasa suku Dayak Ngaju, Besei artinya dayung/pendayung/mendayung, dan Kambe diartikan sebagai roh atau arwah nenek moyang suku Dayak. Lomba ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dan melestarikan olah raga tradisional masyarakat Kalteng yang berasal dari cerita rakyat turun menurun tentang makhluk halus yang mendayung saling berlawanan arah.

Sebelum memulai permainan, peserta lomba akan dibagi dalam dua regu yang beranggotakan dua orang. Kedua regu yang akan bertanding tersebut akan duduk saling membelakangi dengan lawan dalam satu perahu.

Selanjutnya, masing-masing regu harus bersaing dengan sekuat tenaga untuk mendayung perahu ke dua arah yang berlawanan. Regu yang terlebih dahulu melewati batas penentuan dewan juri, maka dinyatakan sebagai pemenang. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

GAPKI se-Kalimantan Bakal Gelar Borneo Forum ke-7, Simak Jadwal, Lokasi, dan Acaranya

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dari seluruh cabang provinsi di Pulau Kalimantan bakal menggelar…