FBIM KALTENG 2024 – Kabupaten Kobar Juara I Lomba Mangenta

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 21 Mei 2024 19:05WIB
Kabupaten Kotawaringin Barat Raih Juara 1 Lomba Mangenta FBIM 2024

Mangenta adalah salah satu cabang yang dilombakan pada Festival Budaya Isen Mulang 2024, di Gor Tuah Pahoe, Jalan Tjilik Riwut KM5,5 Palangka Raya, Senin (20/5/2024).

Lomba Mangenta diikuti 10 kabupaten dan 1 kota se Kalimantan Tengah, antara lain Kabupaten Kapuas, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Sukamara dan Kota Palangka Raya.

Peserta dari Kabupaten Pulang Pisau Sedang Menyangrai

Peserta Lomba Menganta Sedang Menyangrai

Juara I diraih Kabupaten Kotawaringin Barat, Juara II diraih Kabupaten Barito Timur, Juara III diraih Kabupaten Barito Utara, Juara Harapan I Kota Palangka Raya, Juara Harapan II Kabupaten Pulang Pisau, Juara Harapan III Kabupaten Barito Selatan.

Juri Lomba Mangenta Resanita Pertemuanti menyampaikan “ Kriteria penilaian lomba Mangenta antara lain : masing masing regu beranggotakan lima orang yaitu 2 orang penumbuk, 1 orang menguir, 1 orang memasak/menyangrai, 1 orang penyaji” jelasnya.

Proses Menumbuk Kenta setelah disangrai

Resanita menambahkan bahwa bahan dasar dan alat untuk membuat kenta disediakan oleh peserta masing masing dan durasi lomba 4 jam dari awal persiapan hingga proses penyajian.

Tradisi mangenta adalah budaya warisan leluhur suku Dayak Kalimantan Tengah yang patut dilestarikan. Kenta adalah makanan atau kudapan yang berbahan dasar padi ketan. Biasanya kenta dijadikan suguhan saat acara tertentu atau dalam acara adat seperti pakanan batu.

Acara adat pakanan batu adalah ungkapan rasa syukur kepada sang Pencipta atas diberikannya tanaman yang subur. Dari proses pembuatan kenta ini disebut dengan mangenta. Kenta yang terbuat dari bahan dasar padi ketan dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Menikmati kenta akan menggugah selera jika dipadukan dengan susu dan buah/garnis. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

GAPKI se-Kalimantan Bakal Gelar Borneo Forum ke-7, Simak Jadwal, Lokasi, dan Acaranya

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dari seluruh cabang provinsi di Pulau Kalimantan bakal menggelar…