FBIM KALTENG 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 23 Mei 2024 07:12WIB
Lomba Menyipet Kategori Putra

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk memperingati Hari Jadi Kalteng ke-67 dilaksanakan di GOR Serbaguna Jl. Tjilik Riwut Palangka Raya, Rabu (22/5/2024).

Peserta lomba manyipet dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori putra dan kategori putri. Untuk kategori putra diikuti oleh 13 kabupaten /kota, antara lain Palangka Raya, Kapuas, Pulang Pisau, Katingan, Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur, Murung Raya, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Seruyan, Lamandau, dan Kabupaten Sukamara.

Sedangkan untuk kategori putri diikuti 12 kabupaten /kota yakni Palangka Raya, Kapuas, Pulang Pisau, Katingan, Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur, Murung Raya, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Lamandau, dan Kabupaten Sukamara.

Adapun tim juri Lomba Manyipet terdiri dari tiga orang, yakni  Jani Saputra, P. Lampang dan Markorius.

Pemenang lomba manyipet kategori putra diraih Kabupaten Lamandau (Juara I), Kabupaten Murung Raya (Juara II), Kabupaten Barito Utara (Juara III), Kabupaten Kapuas (Harapan I), Kabupaten Katingan (Harapan II) dan Kabupaten Kotawaringin Barat (Harapan III).

Sedangkan kategori putri diraih oleh Kabupaten Barito Utara (Juara I), Kabupaten Murung Raya (Juara II), Kabupaten Katingan (Juara III), Kabupaten Kotawaringin Timur (Harapan I), Kota Palangka Raya (Harapan II),  dan Kabupaten Barito Selatan (Harapan III). 

Koordinator lomba, Teras Ariantho mengungkapkan, lomba ini digelar dalam rangka melestarikan salah satu bentuk usaha perburuan dengan menggunakan sipet yaitu senjata tradisional suku Dayak yang digunakan juga untuk mempertahankan diri ketika perang pada zaman dulu. “Sipet (sumpit) terbuat dari bahan kayu, anak sumpit (damek) terbuat dari bambu dan atau dari bahan lainnya. Pelimping dari bahan kertas atau palawi, disediakan oleh Peserta daerah masing-masing,” ungkap Teras. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

GAPKI se-Kalimantan Bakal Gelar Borneo Forum ke-7, Simak Jadwal, Lokasi, dan Acaranya

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dari seluruh cabang provinsi di Pulau Kalimantan bakal menggelar…