FBIM KALTENG 2024 – Kabupaten Murung Raya Juara I Lomba Maneweng, Manetek, Tuntang Manyila Kayu

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 22 Mei 2024 18:24WIB

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 menyajikan serangkaian acara menarik yang berhasil memukau pengunjung. Salah satu sorotan utama dari festival ini adalah Lomba Maneweng, Manetek, Tuntang Manyila Kayu, di halaman Gor Indoor Serbaguna Jl. Tjilik Riwut, Rabu (22/5/2024).

Lomba Maneweng, Manetek, Tuntang Manyila Kayu bertujuan untuk memperagakan salah satu bentuk dari pada pemanfaatan hutan secara tradisional di kalangan masyarakat Dayak dengan menggunakan beliung sekaligus memberikan tontonan yang menarik. Memuat pesan lestari hutan sebagai bagian dari pada upaya menumbuh dan mengembangkan kesadaran akan arti penting kesadaran lestari hutan di tengah kehidupan manusia.

Peserta lomba berasal dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Tengah. Setiap regu pria yang beranggotakan tiga orang mewakili 11 kabupaten/kota mereka masing-masing, di antaranya Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Pulang Pisau, Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Seruyan. Peralatan dan perlengkapan lomba seperti baliung, keba/rambat, dan pisau ambang disediakan oleh peserta, sementara bahan baku kayu bulat disediakan oleh panitia dengan ukuran 30-40 cm dan Panjang 2,5 m.

Berdasarkan penilaian akhir, juara pertama diraih  perwakilan dari Kabupaten Murung Raya, juara kedua diraih oleh perwakilan dari kabupaten Sukamara, dan juara ketiga diberikan kepada perwakilan dari Kabupaten Barito Utara, sedangkan untuk juara harapan pertama diraih oleh perwakilan Kota Palangka Raya, juara harapan kedua diraih oleh perwakilan Kabupaten Barito Selatan dan juara harapan ketiga diberikan kepada perwakilan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Lomba Maneweng, Manetek, Tuntang Manyila Kayu menjadi salah satu sorotan utama dalam Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2024. Lomba ini bukan hanya sekadar perlombaan, tetapi juga merupakan upaya untuk melestarikan warisan budaya dan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian hutan. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

GAPKI se-Kalimantan Bakal Gelar Borneo Forum ke-7, Simak Jadwal, Lokasi, dan Acaranya

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dari seluruh cabang provinsi di Pulau Kalimantan bakal menggelar…