Gelar Seni Budaya Harus Mampu Ciptakan Era Baru Wisata Budaya

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 9 Maret 2022 20:45WIB
Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko membuka Gelar Seni Budaya Tahun 2022.

Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan (Ekkeubang) Yuas Eko berharap, Gelar Seni Budaya memiliki peran yang sangat strategis bagi pemulihan perekonomian di Provinsi Kalteng di masa pandemi ini, dapat mendorong dinamisasi seni sehingga lebih bermakna, yang pada gilirannya mampu meningkatkan kontribusi dalam pembangunan daerah dan dalam koridor ekonomi kreatif, dengan menempatkan seni sebagai salah satu pilar utama.

“Menjadi harapan kita bersama, semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sebuah pertunjukan saja, namun paling penting dapat membuka era baru wisata budaya Kalimantan Tengah khususnya di Kota Palangka Raya. Kondisi pandemi Covid-19 masih melanda, Gelar Seni Budaya ini dapat disaksikan secara virtual melalui live streaming channel Youtube Taman Budaya Kalimantan Tengah yang dapat ditonton oleh semua warga Indonesia dan berbagai belahan dunia lainnya,” ucap Yuas Elko membuka secara resmi Gelar Seni Budaya Tahun 2022, di Gedung Pertunjukan Terbuka, UPT Taman Budaya Kalteng, Selasa.

Plt. Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Hj. Adiah Chandra Sari menyebutkan,  kegiatan Gelar Seni Budaya ini akan terus dilaksanakan secara berkala dan reguler dengan menampilkan sanggar-sanggar seni yang ada di Kota Palngka Raya.

“Sektor Pariwisata dan seni tidak boleh terjebak dengan kondisi pandemi saat ini, harus dilakukan upaya-upaya untuk menggairahkan kembali untuk sektor pariwisata dan seni pertunjukan, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat” ucap Diah.

Lebih lanjut Diah mengungkapkan menjelang peaksanaan Festival Budaya Isen Mulang, ajang ini juga diharapkan menjadi pemantik bagi pelaku maupun praktisi seni untuk menciptakan kreatifitas dan inovasi dalam seni pertunjukan, yang pada akhirnya mampu membangkitkan ekonomi kreatif. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…