Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Jumat, 12 April 2024 15:09WIB
Gubernur Sugianto Sabran bersama masyarakat Salat Idul Fitri 1445 H di Bundaran Besar Palangka Raya, Rabu (10/4/2024) pagi.

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) 1445 H di Bundaran Besar Palangka Raya, Rabu (10/4/2024) pagi.

Tampak hadir pula mengikuti ibadah Salat Ied kali ini, antara lain Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur (Wagub) Edy Pratowo, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Nuryakin.

Anggota DPR RI Dapil Kalteng yang juga Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran, Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak, Unsur Forkopimda atau yang mewakili, Kepala OPD dan Instansi Vertikal, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Wagub Edy Pratowo saat membacakan sambutan Gubernur menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh elemen masyarakat Kalteng khususnya di Kota Palangka Raya.

“Saya selaku Gubernur Kalimantan Tengah beserta istri saya Ivo Sugianto Sabran selaku Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah, atas nama Pribadi, Keluarga, dan Jajaran Pemerintah Provinsi mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah,” ucap Wagub membacakan sambutan Gubernur Sugianto Sabran.

Gubernur melalui Wagub juga menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin atas segala kekhilafan, kealpaan, dan kesalahan selama memimpin di Bumi Tambun Bungai.

Gubernur pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyatukan hati, niat, ikhtiar, dan tekad untuk menjadikan momentum Idul Fitri 1445 H ini sebagai tonggak awal membuka lembaran baru masa depan dan berbuat lebih baik lagi untuk Kalteng Makin BERKAH.

“Mari kita hadirkan sikap dan perilaku sebagai hamba Allah yang bertakwa dalam tatanan kehidupan keluarga, bermasyarakat, maupun berbangsa dan bernegara. Hilangkan segala rasa benci, rasa dengki, rasa iri, rasa dendam, rasa sombong, dan rasa bangga dengan apa yang kita miliki hari ini,” ajak Gubernur.

Sementara itu, Iman dan Khatib dalam Salat Ied yang juga Kakanwil Kemenag Kalteng H. Noor Fahmi menyampaikan keutamaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran bukan baju yang baru meskipun bersuka cita tidak dilarang.

Menurutnya, makna Lebaran yang sesungguhnya adalah membentengi diri dari bujukan setan dan berpegang pada ajaran Allah SWT serta jangan bercerai berai.

“Lebaran adalah momen untuk meningkatkan iman dan takwa, merawat kebhinekaan untuk Kalimantan Tengah yang rukun dan damai penuh keberkahan,” ujarnya.

Kegiatan ini dirangkai dengan pengumuman dan penyerahan hadiah bagi para pemenang Lomba Pawai Takbir Berkah dan Lomba Bedug yang digelar pada Selasa (9/4/2024) malam.

Juara 1, 2, dan 3 Lomba Pawai Takbir Berkah Kategori Sekolah masing-masing diraih SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya, SMAN 2 Palangka Raya, dan SMA Nahdlatul Ulama Palangka Raya.

Selanjutnya untuk Kategori OPD, Juara 1, 2, dan 3 masing-masing diraih Dinas PUPR Provinsi Kalteng, Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalteng.

Adapun untuk Kategori Umum, Juara 1, 2, dan 3 masing-masing diraih Masjid Nurul Hikmah, Masjid Raya Nurul Islam, dan Laung Kuning Banjar Palangka Raya.

Para juara menerima hadiah Piala dan Uang Pembinaan, yakni Rp6,5 juta untuk Juara 1, Rp5 juta untuk Juara 2, dan Rp4 Juta untuk Juara 3. Sedangkan untuk Lomba Bedug, Juara 1, 2, dan 3 masing-masing menerima hadiah Uang Pembinaan Rp10 juta, Rp6 Juta, dan Rp4 Juta.

Juara Umum pada event tersebut adalah Dinas PUPR Provinsi Kalteng. Hadiah Piala dan Uang Pembinaan untuk para pemenang diserahkan langsung oleh Gubernur Sugianto Sabran, Wagub Edy Pratowo, dan Sekda Nuryakin. Selain itu, Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak dan Kakanwil Kemenag Kalteng Noor Fahmi juga berkesempatan menyerahkan hadiah untuk para pemenang.

Selepas Salat Ied, Gubernur Sugianto Sabran menggelar Open House di Istana Isen Mulang Palangka Raya. Sejumlah warga masyarakat tampak menikmati hidangan yang disediakan di Halaman Rumah Jabatan Gubernur Kalteng tersebut. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…