Gubernur Kalteng Targetkan RS Hanau Selesai di Desember 2024 Diresmikan Presiden Terpilih

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Jumat, 29 Maret 2024 14:45WIB
Gubernur Sugianto Sabran menyampaikan sambutan dalam Rakor Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah Tahun 2024, di Aula Jayang Tingang, Lantai II Kantor Gubernur, Rabu (27/3/2024)

Pembangunan kesehatan adalah bagian yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Bentuk komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk meningkatkan kesehatan masyarakat adalah membangun rumah sakit yang mumpuni dan mempunyai peralatan yang modern.

Pembangunan Rumah Sakit (RS) Hanau di kawasan Kabupaten Seruyan, kata Gubernur Sugianto Sabran, saat ini sudah hampir selesai 95%. Gubernur berharap RS Hanau bisa diresmikan pada Desember 2024.

“Rumah Sakit Hanau, Desember selesai. Kita undang Presiden yang baru, meresmikan,” kata Gubernur dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah Tahun 2024, di Aula Jayang Tingang, Lantai II Kantor Gubernur, Rabu (27/3/2024).

Gubernur menegaskan kesehatan adalah hal yang paling utama dan pelayan mendasar yang wajib diberikan pemerintah kepada masyarakat. RSUD Tipe B ini dibangun demi pemerataan layanan kesehatan bagi masyarakat Kalteng.

“Investasi kesehatan itu penting,” tegasnya.

RS Hanau memiliki luas bangunan 32.184 meter persegi. Bangunan dilengkapi dengan Instalasi Rawat Inap (IRNA) VVIP, VIP, dan umum, Ruang MEP, Ruang Isolasi, Kantor ITU, Hemodialisa, CSSD, AHY, Ruang Bedah, Ruang Persalinan, Poli, Radiologi, serta Laboratorium Medik dan Rekam Medik.

Selain itu, juga tersedia ICU, ICCU, PICU, HCU, IGD, Ruang Jenazah, IPS RS, Laundry, Gizi, IPAL, Power House GWT, Rumah Dinas Dokter dan Tenaga Medis, serta Instalasi Pemeliharaan Rumah Sakit (IPRS).

Selain membangun RS Hanau, Gubernur juga berencana mengembangkan RSUD Doris Sylvanus. Desain rumah sakit milik pemerintah saat ini sudah disiapkan.

“RSUD Doris akan kita pindah 2026 akhir,” ungkapnya.

Ke depan, kata Gubernur, RSUD Doris Sylvanus akan ditambah dengan peralatan modern yang bisa melayani masyarakat Kalteng. Karena, menurutnya, Kalteng sebagai Penyangga Ibukota Nusantara (IKN).

“Kalau bisa orang di luar Kalimantan berobat ke Kalimantan Tengah,” tandasnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

MK Juga Tolak Gugatan Hasil Pilpres 2024 dari Ganjar-Mahfud!

Mahkamah Konstitusi (MK) juga menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan…