Gubernur Optimistis Kalteng Bakal Jadi Destinasi Wisata Mancanegara

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 16 Maret 2023 10:55WIB
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran didampingi Ketua TP PKK Ivo Sugianto Sabran dan unsur Forkopimda Kalteng membuka Festival Tambun Bungai, Rabu malam

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran membuka Festival Tambun Bungai di Stadion Sanaman Mantikei Palangka Raya, Rabu (15/3/2023).

Kegiatan ini juga menghadirkan Launching Calender of Event, Kick Off Bangga Buatan Indonesia (BBI) & Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dan Soft Launching UCI MTB World Cup Tahun 2023.

Hadir Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Kalteng Hj. Nunu Andriani Edy Pratowo, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, Unsur Forkopimda Kalteng, Bupati/Wali Kota se-Kalteng, serta Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Kalteng

Dalam sambutannya, Sugianto dalam menyampaikan kegiatan ini merupakan momentum strategis dalam rangka membangkitkan perekonomian pasca pandemi COVID-19. Kegiatan ini juga menjadi pemicu dan pemacu semangat dalam membangun dan mengembangkan kebudayaan dan pariwisata di Kalteng.

“Sebagai Provinsi terluas di Indonesia, Kalimantan Tengah memiliki potensi wisata yang cukup besar dan sangat menjanjikan,” kata Sugianto, Kamis (16/3/2023).

Sugianto menjelaskan Festival Tambun Bungai ini merupakan salah satu kunci penting untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara, serta memajukan UMKM lokal di Kalteng.

“Saya yakin Kalimantan Tengah akan menjadi destinasi pariwisata mancanegara,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan UMKM menjadi penggerak ekonomi Indonesia, khususnya di Kalteng. Oleh karena itu, Sugianto mengajak masyarakat untuk bekerja sama membangun pariwisata di Kalteng.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi, bahu-membahu, bekerja sama, dan bersinergi dalam mengembangkan kebudayaan pariwisata di Kalimantan Tengah,” sambungnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsk Kalteng Nuryakin mengungkapkan festival ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar bangga membeli dan menggunakan produk dalam negeri.

“Event ini juga mendorong para pelaku UMKM agar bisa lebih maju dalam mengembangkan usahanya sekaligus mendorong UMKM untuk go digital,” pungkasnya.

Festival Tambun Bungai yang dilaksanakan selama lima hari pada 15-19 Maret 2023 menghadirkan berbagai macam lomba. Beberapa di antarnya yakni, lomba tari kreasi daerah, fashion show, lomba bakesah, lomba foto dan vlog, serta benang bintik festival. Ada pula 69 stand bazar UMKM dan ekonomi kreatif yang turut memeriahkan acara ini. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…