Gubernur Sugianto Sabran Tegaskan Jangan Ada Warga Kelaparan

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 28 Oktober 2022 06:36WIB
Gubernur Kalteng meninjau dapur umum yang disediakan untuk masyarakat terdampak banjir

 –  Gubernur Tinjau Pengungsian Banjir GOR Remaja Desa Kumpai Batu Atas

 Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran didampingi Ketua TP. PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran meninjau langsung tempat pengungsian warga terdampak banjir di Gedung Olahraga Gelora Remaja Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (27/10/2022).

Gubernur menemui ratusan warga pengungsi seraya memberikan penguatan dan motivasi kepada warga terdampak, agar tetap bersabar dan terus berdoa agar bencana banjir segera berakhir. “Tetaplah sabar dan terus berdoa dan jangan lupa tetap menjaga kebersihan, agar di pengungsian tetap sehat” ucap Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng menyerahkan secara simbolis bantuan kepada korban banjir berupa 200 selimut anak dan selimut dewasa, 200 paket keperluan bayi, paket buku dan alat tulis.

Selepas meninjau tempat pengungsian, Gubernur Sugianto Sabran juga meninjau dapur umum setempat, seraya memberikan bantuan secara pribadi sebesar Rp20 juta rupiah untuk warga yang bertugas melayani di dapur umum.

“Terima kasih kepada bapak dan ibu semua yang bekerja dan melayani dengan tulus kebutuhan makan dan minum warga selama mengungsi, saya menjamin tidak boleh ada warga yang kelaparan dalam pengungsian khususnya, dan warga terdampak banjir pada umumnya, pemerintah wajib hadir di tengah-tengah masyarakat yang lagi kesusahan” pungkasnya.

Kepala Desa Kumpai Batu Bawah Sarianto mengatakan jumlah warga desa yang mengungsi di Gedung Olahraga Gelora Remaja Desa Kumpai Batu Atas sebanyak 97 kk dengan 220 jiwa.

“Untuk jumlah pengungsi di Gedung Olahraga Gelora Remaja Desa Kumpai Batu Atas berjumlah 220 jiwa, 97 kk. Sementara jumlah rumah penduduk yang terdampak berjumlah 1.064 jiwa, 226 kk,” tutur Sarianto.

Banjir telah terjadi pada beberapa kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat sejak beberapa pekan yang lalu hingga hari Kamis (27/10/2022). Berdasarkan laporan dari BPBD setempat, tinggi muka air cenderung naik. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat menyebut banjir masih menggenangi beberapa titik. Data BPBD mencatat titik pengungsian berada di Kecamatan Arut Selatan dan Arut Utara. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

GAPKI se-Kalimantan Bakal Gelar Borneo Forum ke-7, Simak Jadwal, Lokasi, dan Acaranya

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dari seluruh cabang provinsi di Pulau Kalimantan bakal menggelar…