Harga Sembako Jelang Ramadan 1445 H Naik, Pemko Palangka Raya Lakukan Operasi Pasar

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Jumat, 1 Maret 2024 16:28WIB
(Pj) Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu menyerahkan paket sembako pada kegiatan Operasi Pasar
  • Menjelang puasa Ramadan1445 H, harga Sejumlah Bahan Pokok (Sembako) di pasar, mulai dari beras, cabai dan bawang merah mengalami kenaikan.
  • Mengantisipasi inflasi kenaikan harga menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445 H mendatang, Pemerintah Kota Palangka Raya menggelar operasi pasar .
  • Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, memastikan distribusi bahan pangan jelang Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriyah, aman dan sama sekali tidak ada gangguan.
  • Sebanyak 650 paket sembako murah yang terdiri dari 5 kg beras, 2 kg gula pasir dan 2 liter minyak goreng yang dapat dibeli warga dengan harga Rp100 ribu/paket.

 

Menjelang puasa Ramadan 1445 H, harga Sejumlah Bahan Pokok (Sembako) di pasar, mulai dari beras, cabai dan bawang merah mengalami kenaikan.

Naiknya harga beras lokal dan beras jawa diakibatkan karena adanya el nino yang melanda di sejumlah daerah penghasil beras tersebut, sehingga para petani beras mengalami gagal panen.

Hal serupa juga dialami oleh petani cabai, saat ini harga cabai di pasar tradisional Palangka Raya di angka Rp90 ribu per kilogramnya. Naiknya harga cabai itu juga diakibatkan gagalnya panen.

Mengantisipasi inflasi kenaikan harga menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445 H mendatang, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Palangka Raya  menggelar operasi pasar .

Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya menyalurkan 650 paket sembako murah yang terdiri dari 5 kg beras, 2 kg gula pasir dan 2 liter minyak goreng yang dapat dibeli warga dengan harga Rp100 ribu/paket.

Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu menyebutkan, operasi pasar sembako ini merupakan salah satu upaya Pemko Palangka Raya dalam membantu meringankan beban ekonomi masyarakat terutama dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

“Operasi pasar murah ini menjadi wujud kepedulian Pemko Palangka Raya terhadap masyarakat yang kurang mampu. Dengan menyediakan paket sembako murah ini, kita berharap dapat meringankan beban ekonomi mereka,” kata Hera.

Disampaikan Hera, selain membantu meringankan beban ekonomi warga, operasi pasar ini juga berdampak positif terhadap stabilitas harga bahan pokok di pasar lokal.

“Dengan adanya alternatif harga yang lebih terjangkau, masyarakat memiliki lebih banyak pilihan dan dapat mengurangi tekanan atas harga bahan pokok di pasaran,” sambung Hera.

Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, memastikan distribusi bahan pangan jelang Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriyah, aman dan sama sekali tidak ada gangguan.

Petugas menyusun paket sembako murah di Kelurahan Bukit Tunggal Kota Palangka Raya, Kamis (29/2/2024).

Warga membawa paket sembako di Kelurahan Bukit Tunggal Kota Palangka Raya, Kamis (29/2/2024). 

Sejumlah warga antre untuk mendapatkan paket sembako di Kelurahan Bukit Tunggal Kota Palangka Raya, Kamis (29/2/2024).

Petugas menyerahkan paket sembako murah kepada warga di Kelurahan Bukit Tunggal Kota Palangka Raya, Kamis (29/2/2024). ***

Sumber MMCPlk

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur: Karnaval Budaya untuk Promosi Wisata dan Tumbuhkan Ekonomi Kreatif di Kalteng

Kalimantan Tengah menggelar Karnaval Festival Budaya Isen Mulang. Perhelatan akbar ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa…