Jalan Trans Kalimantan di Lamandau Banjir, Rendam Puluhan Rumah Warga

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 12 Oktober 2022 15:00WIB
Petugas dari BPBD Lamandau mengevakuasi warga

Sejumlah titik ruas jalan Trans Kalimantan, tepatnya di wilayah Kecamatan Lamandau terendam banjir. Aktivitas warga menjadi lumpuh karena di beberapa titik jalan terendam dengan ketinggian air mencapai antara 40 hingga 150 cm. Banjir juga merendam puluhan rumah warga.

Sejumlah desa di Kecamatan Lamandau yang terdampak banjir pasca hujan deras dalam beberapa hari terakhir ini, diantaranya adalah Desa Penopa, Karang Taba, Kawa dan juga Desa Cuhai. 

“TIM BPBD melakukan pemantauan banjir yang melanda Kecamatan Lamandau. Tim juga sudah mendirikan tenda pengungsi, mengevakuasi warga dan perabotan dan membantu penyeberangan masyarakat terdampak banjir,” ungkap Sekda Lamandau, M Irwansyah, Rabu (12/10/2022).

“Banjir yang terjadi di Kecamatan Lamandau ini merupakan air turunan dari wilayah Kecamatan Delang. Pada Selasa kemarin, di Desa Penopa ketinggian air kurang lebih 50-55cm pada Jalan Trans Kalimantan, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor,” ujarnya. 

Hal yang sama, juga terjadi di Desa Karang Taba, Kawa dan juga Desa Cuhai. Sebab itu, saat ini tim BPBD juga selalu standby di lokasi untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. 

“Terkait dengan jumlah warga yang terdampak banjir, kita masih melakukan kompilasi agar bantuan pangan segera disalurkan. Untuk bantuan sombako, kita sudah menyalurkan kepada warga terdampak banjir melalui beberapa tahap, dan sampai saat ini sekitar 1000 paket lebih sudah tersalurkan,” jelasnya. 

Sekda yang juga Kepala BPBD Lamandau juga mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa waspada banjir susulan. Terlebih debit air di sungai Lamandau masih terus naik.

Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Lamandau berada di angka 714 cm, atau naik 14 cm dari hari sebelumnya. Dan ini masih berpotensi terus naik, sehingga kita berharap warga harus terus waspada. Jika mengetahui ada potensi atau daerah terwndam banjir segera saja menghubungi Posko BPBD untuk bisa diambil tindakan yang dibutuhkan, katanya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

MK Juga Tolak Gugatan Hasil Pilpres 2024 dari Ganjar-Mahfud!

Mahkamah Konstitusi (MK) juga menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan…