Kabupaten Katingan Ikut Semarakkan Pembukaan FBIM 2022

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 18 Mei 2022 17:12WIB
Pemkab Katingan ikut semarakkan Karnaval Budaya FBIM Tahun 2022.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan turut serta menyemarakkan Karnaval Budaya Isen Mulang Tahun 2022 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng, bertempat di Bundaran Besar Palangka Raya, Selasa (17/5/2022).

Pemkab Katingan mengusung Tema “Harmoni Dalam Keragaman Budaya di Bumi Isen Mulang” dan Sub Tema “Palangka Bulau Lambayung Nyaho”.

Lomba Karnaval Budaya merupakan rangkaian dari acara Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022 yang menjadi salah satu rangkaian memperingati Hari Jadi Kalteng ke 65 tahun.

Rombongan Kontigen Karnaval Budaya Kabupaten Katingan diketuai Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Katingan Risnaduar.

Pada Karnaval Budaya kali ini, mobil hias Kab. Katingan berjudul Palangka Bulau Lambayung Nyahu. Palangka Bulau Lambayung Nyahu menurut kepercayaan nenek moyang zaman dahulu adalah Kapal atau media yang turun dari langit tempat para sangiang atau dewa yang turun mengisi alam dunia ini. dengan beberapa gambaran, Palangka Bulau Lambayung Nyahu ini dijadikan mobil hias karnaval tanpa menghilangkan sakralnya.

Tidak hanya itu, dalam lomba Karnaval Budaya Isen Mulang Tahun 2022 ini, Kabupaten Katingan juga mengangkat Betang Kayau Pulang dan Buah Durian yang memang menjadi mascot Kabupaten Katingan.

Dengan harapan filosofi Huma Betang mengedepankan musyawarah mufakat, kesetaraan, kejujuran dan kesetiaan. Hingga kini filosofi itu masih menjadi pedoman dan diteladani oleh masyarakat yang hidup di Prov. Kalteng.

Jumlah Peserta Kontingen Pawai Budaya Isen Mulang Tahun 2022 Pemkab Katingan 30 orang dengan tetap mengedepankan Protokol kesehatan Covid-19. ***

 

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…