Kabupaten Pulang Pisau Menjadi Percontohan Penurunan Stunting Dengan Edukasi Pangan Lokal

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 26 Februari 2023 14:24WIB
Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menghadiri kegiatan Advokasi dan Edukasi Peran Pangan Lokal untuk Mencegah Stunting di Kabupaten Pulang Pisau

Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menghadiri kegiatan Advokasi dan Edukasi Peran Pangan Lokal untuk Mencegah Stunting di Kabupaten Pulang Pisau, di Aula Bappedalitbang, Jumat (24/2/2023).

Kegiatan Advokasi dan Edukasi Peran Pangan Lokal untuk mencegah stunting tersebut diinisiasi oleh Organisasi Indonesian Gastronomy Community (IGC) dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau.

Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Indonesian Gastronomi Community (IGC ) yang telah memilih Kabupaten Pulang Pisau sebagai salah satunya menjadi percontohan penurunan stunting dengan edukasi pangan lokal.

”Stunting ini menjadi permasalahan yang dihadapi dan ditanggulangi secara terpadu dan terintegrasi melalui kolaborasi semua pihak, pemerintah, pengusaha swasta, tokoh agama, tokoh masyarakat selain itu yang paling berperan adalah di mulai dari lingkungan keluarga dan masyarakat sebagai individu atau pribadi dengan membangun ketahanan keluarga secara utuh di berbagai bidang,” ucap Bupati.

Bupati menekankan kepada semua OPD, Camat, Kepada Desa, Kelurahan dan semua pihak yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting untuk dapat melakukan rencana aksi yang telah ditetapkan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing dengan melakukan konvergensi, partisipatif dan kolaborasi sehingga diharapkan terjadi penurunan angka Stunting yang signifikan.

Dewan Pembina organisasi IGC Nyelong Inga Simon dalam sambutannya menyebutkan IGC dikenal sebagai salah satu organisasi yang membahas perkembangan makanan di Indonesia.

Selain itu, IGC berperan aktif dalam mengangkat perkembangan, serta melestarikan kuliner khas Indonesia lewat gastro-diplomasi dan gastro-turisme, ucapnya.

“IGC merupakan sebuah Komunitas yang berkecimpung di pangan dan tiga tahun terakhir konsentrasinya kepada pangan lokal, serta ikut berpartisipasi dalam mengatasi persoalan stunting,” ujar Dewan Pembina IGC. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…