Perputaran Ekonomi Selama Festival Budaya Isen Mulang 2024 Capai Rp20 Miliar

Reporter :
Editor :
Sabtu, 25 Mei 2024 12:37WIB
Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menabuh Katambung pada penutupan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (KFN) 2025, Jumat (24/5/2024) malam.

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, Jumat (24/5/2024) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng Adiah Chandra Sari selaku Ketua Panitia FBIM melaporkan, kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN)Tahun 2024 dari tanggal 18-24 Mei 2024 diikuti 14 kabupaten/kota se-Kalteng dan sampai hari terakhir kegiatan, dari 21 cabang yang dilombakan, diikuti oleh 5.691 peserta lomba.

Kedua perhelatan ini telah memberi ruang bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta PKL, sampai dengan akhir kegiatan tercatat sebanyak 155 pelaku usaha yang berpartisipasi, dengan perkiraan transaksi ekonomi sebanyak Rp4 Miliar.

“Festival ini juga menjadi bagian dari Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia, yang telah menarik tidak kurang dari 90 ribu pengunjung dan sampai akhir kegiatan diperkirakan total transaksi keuangan, barang dan jasa mencapai Rp20 Miliar” katanya.

Jumlah tersebut memberi dampak yang besar bagi perputaran ekonomi, dan tentunya dirasakan oleh masyarakat yang terlibat langsung di dalamnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng Adiah Chandra Sari selaku Ketua Panitia FBIM menyampaikan laporan.

Tercatat keikutsertaan 73 mobil hias dan 22 perahu hias, 112 paket jasa sanggar, 215 sewa kontum, 150 jasa pembuatan kostum, dan produksi tari kolosal yang melibatkan ratusan orang penari. “ Semua aktivitas tersebut memicu transaksi keuangan sebesar Rp10 Miliar” ungkap Adiah.

Selanjutnya, Festival Kuliner Nusantara yang diikuti oleh 40 pelaku usaha kuliner dengan perkiraan transaksi keuangan sebesar Rp200 juta. Bersama dengan itu pula dilaksanakan lomba Festival Kuliner Nusantara yang diikuti oleh 118 peserta.

Selain itu, penyelenggaran FBIM dan FKN tahun 2024 telah menyumbangkan peningkatan jumlah hunian hotel, wisma dan penginapan dengan transaksi keuangan mencapai Rp3 Miliar. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Internasional dari HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2024

Telkomsel dinilai jadi tempat bekerja terbaik di Indonesia tiga tahun berturut-turut Telkomsel dinobatkan sebagai peraih…