Kalimantan Tengah Lakukan Gerakan Menanam Tahun 2022

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 26 Agustus 2022 17:09WIB
Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo memulai gerakan penanam pohon Kalteng 2022.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo membuka kegiatan Kalimantan Tengah Menanam tahun 2022, di Halaman GOR Indoor Area Sirkuit UCI MTB Eliminator World Cup 2022, Jalan Tjilik Riwut, Palangka Raya, Jumat (26/8/2022) pagi.

Wagub H. Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan dalam rangka turut serta mendukung program pengendalian perubahan iklim melalui pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), Prov. Kalteng telah berupaya dalam pengurangan emisi GRK.

Pada tataran kebijakan daerah, dalam RPJMD Prov. Kalteng 2021-2026, dengan visi Kalteng Makin Berkah telah menetapkan Misi 1. Mempercepat Pembangunan Ekonomi yang Produktif, kreatif dan Berwawasan Lingkungan, yang menekankan bahwa dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi tetap berwawasan lingkungan, agar terjaga keberlangsungan pembangunan dalam jangka panjang.

”Upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup, antara lain melalui rehabilitasi hutan dan lahan sesuai kewenangan, pengelolaan, dan perlindungan lahan terganggu, termasuk lahan gambut yang rawan terbakar pada musim kemarau, penanganan dini kebakaran hutan dan lahan secara konsisten terus dilakukan melalui pencegahan, penanggulangan dan penanganan pasca karhutla, telah berkontribusi dalam pengurangan polusi karbon dalam pemanasan global”, tutur Wagub H. Edy Pratowo.

Lebih lanjut disampaikan, di samping itu Kalteng telah memiliki Rencana Aksi Daerah Pengurangan Emisi GRK yang kegiatannya antara lain adalah inventarisasi GRK untuk memperoleh data dan informasi mengenai tingkat, status dan kecenderungan perubahan emisi GRK secara berkala dari berbagai sumber emisi dan penyerapannya.

“Kegiatan Kalimantan Tengah Menanam merupakan bentuk nyata dan konkret dukungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk meningkatkan cadangan karbon melalui Penanaman Pohon. Penanaman pohon akan menjadi bentuk gerakan masif untuk mengembalikan ekosistem dan perbaikan kualitas lingkungan hidup,’’ katanya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…