Kelurahan Tangguh Bencana Minimalisir Risiko Bencana

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 9 Oktober 2022 13:10WIB
Kepala BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyani

Kelurahan Tangguh Bencana adalah kelurahan yang telah diberikan pelatihan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memiliki kemampuan mengenali ancaman di wilayahnya sehingga mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi resiko.

Mengingat pentingnya keberadaan Kelurahan Tangguh Bencana, saat ini di Kota Palangka Raya telah memiliki 15 Kelurahan Tangguh Bencana. Di antaranya Kelurahan Palangka, Kelurahan Langkai, Kelurahan Panarung, Kelurahan Pahandut, Kelurahan Pahandut Seberang, Kelurahan Sabaru, Kelurahan Menteng, Kelurahan Kereng Bangkirai dan Kelurahan Petuk Ketimpun.

Menurut Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengatakan terbentuknya 15 Kelurahan Tangguh Bencana ini merupakan upaya meminimalisir risiko bencana dengan mengoptimalkan Kelurahan Tangguh Bencana.

“Semoga Kelurahan Tangguh Bencana dapat bertambah agar resiko bencana dapat diminimalisir,” ucapnya, Minggu (9/10/2022).

Emi menambahkan keberadaan Kelurahan Tangguh Bencana sudah dibekali kemampuan mitigasi berbagai kategori bencana baik alam maupun non alam sekaligus dan secara aktif berfungsi menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan masing-masing yang rawan risiko bencana.

“Upaya peran serta masyarakat perlu ditingkatkan selaku garda terdepan untuk perlu memahami dan mempersiapkan penanggulangan bencana sehingga mampu mengantisipasi, deteksi dini, hingga penanggulangan tahap awal bencana di lingkungan masing – masing,” katanya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

MK Juga Tolak Gugatan Hasil Pilpres 2024 dari Ganjar-Mahfud!

Mahkamah Konstitusi (MK) juga menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan…