Kesehatan Tenaga Kerja Jadi Fokus Utama

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 13 Februari 2023 13:56WIB
Sekda Kalteng H Nuryakin menyerahkan penghargaan

 – Sekda Nuryakin Pimpin Apel Bulan K3 Tahun 2023

Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryakin pimpin Apel Bulan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023, di Halaman Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Prov. Kalteng, Senin (13/2/2023).

Peringatan Bulan K3 Nasional ini mengusung tema “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja”.

Ketika membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan Sekda Nuryakin mengatakan pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul tidak hanya didukung dengan adanya regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan, tetapi juga meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan, salah satunya membangun budaya K3 yang baik.

 “Pemerintah Indonesia mendukung dan berperan aktif dalam dimasukkannya K3 pada kerangka kerja prinsip-prinsip dan hak-hak mendasar International Labour Organization (ILO) di tempat kerja yang telah disahkan menjadi Resolusi dalam Sidang Ketenagakerjaan Internasional ke-110 di Jenawa pada Juni 2022, karena Indonesia mengakui bahwa K3 merupakan salah satu bagian dari Hak Asasi Manusia,” kata Sekda.

Sekda Nuryakin menambahkan, peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2023 ini yang harus menjadi fokus utama yaitu masalah kesehatan tenaga kerja, karena masih tingginya angka penderita Tuberkulosis (TBC) di tempat kerja. “Menurut WHO Global TBC Report 2021, Indonesia masuk dalam lima besar negara dengan jumlah kasus TBC nomor dua di dunia,” ungkapnya.

Untuk menanggulangi hal itu, sambung Sekda, Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah menerbitkan Permenaker Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja. “Diharapkan manajemen atau penyedia kerja dapat berpartisipasi aktif terhadap penanggulangan TBC di tempat kerja, dimulai dari saat seleksi pekerja, higiene sanitasi di tempat kerja, hingga gotong royong perbaikan perumahan pekerja,” imbuh Sekda.

Rangkaian kegiatan Apel tersebut diisi juga dengan penyerahan sejumlah penghargaan kepada perusahaan yang ada di kabupaten/kota se-Kalteng. Penghargaan yang diserahkan yaitu Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident); Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Tempat Kerja; serta Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 di Tempat Kerja. *** 

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kalaksa BPBPK Prov Kalteng Ahmad Toyib ; 4 Kabupaten di Kalteng Terdampak Banjir

Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah (BPBPK Prov. Kalteng) mengelar Rapat Perkembangan…