Ketua TP-PKK Kalteng Buka Pasar Penyeimbang di Kabupaten Kotawaringin Barat

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 13 April 2023 15:13WIB
Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran membuka Pasar Penyeimbang di Kabupaten Kotawaringin Barat

Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran bersama jajaran dari Pemprov Kalteng meninjau sekaligus membuka secara resmi pasar penyeimbang yang digelar di Masjid Nurul Syajaroh, Pasar Korindo, Keluarahan Mendawai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (13/4/2023).

Mengawali sambutannya, Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran menyampaikan pada saat menjelang hari raya harga bahan pokok mengalami kenaikan harga. “Maka dari itu, Bapak Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran beserta jajaran hadir untuk menyelenggarakan pasar penyeimbang supaya bapak/ibu bisa membeli bahan pokok dengan harga terjangkau dan murah”, tutur Ivo.

Diutarakan oleh Ivo, satu paket bahan pokok yang dijual di pasar penyeimbang ini hanya Rp20 ribu saja. “Satu paket bahak pokok yang dijual ini seharga Rp150 ribu di pasar tetapi pada hari ini bapak Gubernur mensubsidi paket bahan pokok tersebut sebesar Rp130 ribu sehingga bapak/ibu sekalian hanya membayar sebesar Rp20 ribu saja. Mudah-mudahan ini bisa membantu bapak/ibu sekalian untuk tetap bisa membeli bahan pokok menjelang Hari Raya”, imbuhnya.

Selain untuk untuk memenuhi kebutuhan, Ivo juga mengungkapkan penyelenggaraan pasar penyeimbang merupakan ajang mempererat hubungan antara Pemprov Kalteng dengan masyarakat setempat. “Sebagai insan manusia kita tetap harus peduli dengan sesama”, tutupnya.

Untuk di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat terdapat 7 titik lokasi pasar penyeimbang yakni di Masjid Nurul Syajaroh, Aula Kelurahan Mendawai Seberang, Balai Desa Raja Seberang, Kantor Kelurahan Baru, Masjid Simpang Kubu, Kantor Kelurahan Kumai Hilir dan Masjid Darul Husta Kumai Hulu.

Untuk di Kabupaten Kotawaringin Barat disediakan sebanyak 6.000 paket tersebar di 7 titik lokasi. Masing-masing paket berisi beras 5 kg, gula 2 kg, minyak goreng 2 L, susu kental manis 1 klg dan sarden 1 klg.

Dalam penyelenggaraan pasar penyeimbang, juga disediakan komoditas lainnya seperti bawang merah, bawang putih dan gula. Untuk harga bawang berkisar dari harga Rp20 ribu sampai dengan Rp25 ribu.

Warga sangat antusias diadakannya pasar penyeimbang atau pasar murah. Bahkan warga meminta kalau bisa pasar penyeimbang ini dilaksanakan rutin, khususnya saat hari-hari besar di wilayahnya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, Gubernur Kalteng juga menginisiasi pengobatan massal gratis yang dibuka bersamaan dengan pasar penyeimbang.

Pasar penyeimbang digelar rutin oleh Pemprov Kalteng setiap minggu di kabupaten/kota. Untuk minggu ini, digelar di wilayah barat yakni di mulai dengan Kabupaten Kotawaringin Barat, selanjutnya Lamandau, Sukamara, Seruyan dan Kotawaringin Timur. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…