Kondisi Drainase BURUK, Hujan 6 Jam Kota Palangka Raya TERENDAM!

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Rabu, 21 Februari 2024 15:33WIB
Jalan Temanggung Tilung Palangka Raya, terendam bila turun hujan

Hujan yang mengguyur Kota Palangka Raya,Rabu  (21/2/2024) pagi sekitar pukul 06.30 WIB hingga siang hari, atau berlangsung lebih dari 6  jam, membuat sejumlah wilayah terendam akibat saluran drainase tidak berfungsi, tidak mampu mengalirkan air dengan baik.

Sejumlah wilayah yang terendam, rata-rata memang wilayah atau daerah rawan genangan air, seperti  Jalan Yos Sudarso, Jalan Karakatau, Jalan Beliang.

Kemudian, sebagian Jalan G Obos depan rumah kediaman orang tua Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, juga Jalan Temanggung Tilung, Jalan Sisingamangaraja, serta sejumlah wilayah lainnya.

Rata-rata genangan air mencapai 30 cm hingga 50 cm. Seperti yang terjadi dibilangan Jalan Temanggung Tilung ketinggian air hingga mencapai 40 cm. Sejumlah kendaraan bermotor, terpaksa hati-hati bila melewati kawasan tersebut.

Yang memprihatikan, di wilayah Jalan Temanggung Tilung, drainasenya sudah diperbaiki / direhabilitasi atau dibangun kembali pada tahun 2020 lalu, dengan menggunakan anggaran mencapai Rp10 Miliar.

Namun ironisnya, drainase tersebut nampaknya tidak mampu mengalirkan air dengan baik, sehingga masih saja terjadi genangan.

Sementara di kawasan lainnya, seperti di Jalan Kelud, air sempat merendam kawasan perumahan Asrama Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng).

Melihat kondisi demikian yang seringkali terulang, sejumlah kalangan mengharapkan perlu adanya penataan dan perencanaan ulang sistem drainase di Kota Palangka Raya.

‘’ Kota Palangka Raya termasuk kawasan yang berada di ketinggian yang cukup, masa setiap kali turun hujan, selalu terendam air. Ini pasti ada perencanaan pembangunan, yang tidak sinkron,’’ ungkap sebuah sumber yang cukup mengetahui tentang sistem drainase perkotaan.

Sementara itu hasil pemantauan menyebutkan, hingga sore hari genangan air mulai surut dan aktivitas warga sudah mulai terlihat. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Logo HUT Ke 67 Provinsi Kalteng 2024 Diluncurkan

Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-67 Kalteng, diluncurkan dilakukan secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub)…