Kontingen Antusias Ikuti Lomba Habayang FBIM Tahun 2022

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 19 Mei 2022 14:54WIB
Lomba Habayang kategori putera.

Di hari kedua FBIM tahun 2022, dilaksanakan serangkaian kegiatan lomba, salah satunya adalah lomba habayang, yang dilaksanakan di UPT. Taman Budaya Kalteng, Rabu (18/5/2022).

Lomba habayang dibagi menjadi 2 kategori yaitu kategori putra dan kategori putri. Untuk kategori putra diikuti  kontingen dari 9 kabupaten yaitu Sukamara, Lamandau, Gunung Mas, Barito Selatan, Murung Raya, Barito Timur, Kotawaringin Timur, Seruyan dan Kapuas.

Sedangkan untuk kategori putri diikuti oleh kontingen dari 6 kabupaten yaitu Gunung Mas, Kotawaringin Timur, Lamandau, Sukamara, Murung Raya dan Barito Selatan.

Tim juri lomba habayang terdiri dari 3 orang, yaitu Grironi, Lagun dan Punding. Para juri menjelaskan bahwa lomba habayang ini dilakukan dengan 5 kali putaran untuk 1 kali lomba.

Habayang atau bagasing adalah permainan tradisional dan menjadi kearifan lokal Kalteng. Permainan tradisional ini sama seperti permainan bagasing di daerah lain, namun di Kalteng lebih dikenal dengan sebutan habayang.

Dalam lomba habayang, dilakukan adu kekuatan gasing yang bersifat ketahanan gasing. Gasing yang paling lama berputar maka itulah yang menjadi pemenangnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…