Lapas Kelas II Palangka Raya Buka Cucian Mobil Bagi Warga Binaan

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 20 November 2022 07:11WIB
Kakanwil Hukum dan HAM Kalteng Hendra Ekaputra membuka resmi tempat pencucian mobil warga binaan Lapas Kelas II Palangka Raya

Dalam rangka memberdayakan warga binaan, Lembaga Permasyarakatan Kelas II Palangka Raya membuka wash car atau jasa pencucian mobil bagi warga binaan.

Adapun tempat pencucian mobil tersebut diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Hendra Ekaputra di Halaman Lapas Kelas II Palangka Raya, Jumat (18/11/2022).

Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah, Hendra Ekaputra menyampaikan apresiasinya kepada Lapas Kelas II Palangka Raya, karena telah memberdayakan warga binaan.

“Saya mengapresiasi Lapas Kelas II Palangka Raya yang telah membuka pencucian mobil unttuk warga binaan. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka, selain untuk menambah penghasilan mereka melalui pekerjaan ini juga dapat mendidik dan melatih mereka agar kelak saat kembali ke masyarakat akan menjadi manusia yang lebih baik lagi,” kata Hendra.

Kepala Lapas Kelas IIA Palangka Raya, Chandran Lestyono menyebutkan, warga binaan yang dipekerjakan ini merupakan warga binaan yang masa tahanannya hampir habis atau masa tahanannya kurang dari 1 tahun.

Disebutkannya, tempat cuci mobil ini dibuka untuk masyarakat umum dan hasil dari pencucian mobil ini sebagian nantinya akan diberikan kepada warga binaan tersebut.

“Pencucian ini dibuka untuk masyarakat umum. Di sini kita hanya menyiapkan fasilitas dan atribut untuk mencuci dan pekerjanya adalah warga binaan kita,” kata Chandran Lestyono.

Ia menyebutkan untuk biaya sekali mencuci disesuikan dengan jenis kendaraan yang masuk. ”Untuk kendaran roda empat kita tetapkan dengan tarif Rp50.000,00 dan kalau kendaraanya lebih bersar kita kenakan tarif hingga Rp100.000,00,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, dalam membina serta memberdayakan para warga binaan ini pihaknya juga memberdayakan mereka dengan berbagai kegiatan sseperti berkebun, membuat kerajinan tangan, membuat aquarium dan sebagainya.***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Komitmen Wujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap Tahun 2024

Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng Pimpin Apel Aktivasi Posko dan Pos Lapangan Satgas Pengendalian Karhutla Badan…