Lomba Lagu Daerah pada FBIM Tumbuhkan Kecintaan Budaya Lokal

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Jumat, 20 Mei 2022 14:16WIB
Peserta perwakilan dari Kabupaten tampil pada Lomba Lagu Daerah FBIM Tahun 2022.

Festival Budaya Isen Mulang adalah ajang pelestarian keanekaragaman budaya Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diselenggarakan Pemrov Kalteng untuk memperingati Hari Jadi Kalteng ke 65.

Berbagai perlombaan khas daerah dihelat salah satunya adalah lomba lagu daerah, yang diselenggarakan di UPT. Taman Budaya Palangka Raya, Kamis (19/5/2022).

Lomba Lagu Daerah diikuti 4 Peserta perwakilan dari Kabupaten/Kota, antara lain Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya. Tim juri diketuai oleh Philody, dan beranggotakan B. Letlora dan Reni A.E.

Koordinator Lomba Lagu Daerah Maria Doya Aden menjelaskan setiap peserta membawakan 2 (dua) buah lagu sekaligus, 1 lagu wajib yaitu Daha Itah Tetap Dayak ciptaan Gerhard Gere, dan 1 lagu pilihan antara lain Mandau Talawang Ciptaan Jonsen Bahat, Tumpuk Natat Ku ciptaan Gerhard Gere, Pantun si Ading ciptaan Ambang Alang, Balangan Basaling Manas ciptaan Jonsen Bahat, dan Manari Manasai ciptaan Holten Ruji.“Selama perlombaan, aransemen lagu harus bernuansa khas budaya daerah Kalteng, dengan menggunakan instrument musik tradisional daerah setempat sesuai dengan potensi musik yang dimiliki oleh daerahnya masing-masing, dengan durasi lagu maksimal 20 menit untuk lagu wajib dan lagu pilihan,” tutur Maria.

Maria menambahkan, kriteria penilaian dalam menentukan juara umum adalah dari aspek vokal (materi suara, ketepatan nada, penempatan suara dan ketebalan dan warna suara) , kemudian teknik vokal (intonasi, teknik pernafasan, artikulasi, resonansi), interpelretasi (arasement lagu, arasement musik, dinamika, improvisasi), penampilan (penjiwaan, ekspresi, etika panggung, keserasian dan kekompakan). ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…