Luncurkan ”Info Pak Sam”, DLH Edukasi Masyarakat Buang Sampah pada Tempatnya

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Minggu, 18 Februari 2024 17:20WIB
Aplikasi Info Pak SAM

Pemko Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) meluncurkan aplikasi “Info Pak Sam”, yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang lokasi prasarana persampahan kepada masyarakat.

Aplikasi ini menyediakan data tentang Tempat Penampungan Sampah (TPS), Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST), Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R), Pusat Daur Ulang (PDU), dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan sistem pemetaan yang mudah digunakan.

Kepala DLH Kota Palangka Raya melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Teguh Jaya Permana, Kamis (15/2/2024) mengatakan aplikasi ini sangat penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

“Dengan adanya Info Pak Sam, masyarakat dapat dengan mudah mengetahui lokasi prasarana persampahan terdekat, sehingga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” ucapnya.

Hal ini diharapkan dapat memperkuat upaya pemerintah dalam mengendalikan penyebaran sampah ilegal di wilayah Kota Palangka Raya.

Teguh menambahkan, adanya akses informasi mengenai lokasi dan kapasitas prasarana persampahan, maka Pemerintah Kota Palangka Raya dapat merencanakan dan mengimplementasikan strategi pengelolaan sampah yang lebih efektif.

“Selain itu, masyarakat juga dapat memastikan bahwa sampah yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan dengan mengetahui lokasi TPS dan TPA yang tersedia di sekitar mereka,” tambahnya.

Melalui aplikasi Info Pak Sam diharapkan dapat menjadi salah satu langkah konkret dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Palangka Raya serta mencegah polusi akibat sampah yang tercemar.  ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…