Mangenta, Tradisi Turun Temurun Suku Dayak Saat Musim Panen Padi Tiba

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Kamis, 19 Mei 2022 14:59WIB
Peserta lomba Mangenta sedang meniriskan padi yang sudah direndam.

Lomba Mangenta yang merupakan salah satu serangkaian kegiatan lomba FBIM tahun 2022, dilaksanakan di UPT. Taman Budaya Kalteng, Kamis (19/5/2022).

Lomba Mangenta diikuti 5 kabupaten yaitu Murung Raya, Barito Timur, Kapuas, Pulang Pisau dan Kotawaringin Timur.

Peserta lomba Mangenta menggunakan busana daerah setempat (pakaian petani/kebaya daerah). Kriteria penilaian lomba Mangenta ini adalah kerja sama/tanggung jawab dalam pembagian tugas, teknik dan proses pembuatan, kecepatan dan ketepatan waktu, kesempurnaan dan cita rasa, kebersihan dan penyajiannya.

Bahan yang diperlukan untuk membuat Kenta adalah padi ketan, kelapa muda, gula putih/gula merah dan air kelapa muda. Cara membuatnya, pertama padi ketan yang sudah direndam dan ditiriskan, disangrai selama kurang lebih 10 menit dengan api sedang. Padi yang sudah disangrai kemudian ditumbuk hingga halus.

Sedangkan cara memasak Kenta adalah pertama, kenta yang sudah bersih ditambah dengan air kelapa secukupnya dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Kemudian tambahkan gula pasir/gula merah dan parutan kelapa serta garam secukupnya. Terakhir, aduk hingga bercampur rata dan diamkan kurang lebih 5 menit, dan Kenta siap dihidangkan.

Mangenta adalah suatu kegiatan yang berasal dari nenek moyang suku Dayak Kalteng dahulu kala atau dengan kata lain sifatnya turun temurun. Mangenta adalah kegiatan kaum petani bersyukur atas dimulainya panen padi pada saat musim tiba untuk menuai.

Kenta (makanan/kudapan) yang dianggap sebagai Panginan Bakas khususnya Das Kahayan dimana makanan/kudapan tersebut hanya ditemukan pada saat-saat tertentu dan acara adat seperti Pakanan Batu. Upacara Suku Dayak bernama Pakanan Batu ini sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada peralatan yang dipakai saat bercocok tanam sejak membersihkan lahan hingga menuai panen. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

MK Juga Tolak Gugatan Hasil Pilpres 2024 dari Ganjar-Mahfud!

Mahkamah Konstitusi (MK) juga menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan…