Masyarakat di Kabupaten Katingan Diminta Waspada Cuaca Tidak Menentu

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Minggu, 31 Maret 2024 15:28WIB
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan Yobie Sandra

Masyarakat di wilayah Kabupaten Katingan diminta waspada, terhadap cuaca tidak menentu yang terjadi belakangan ini.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan Yobie Sandra, pada Maret 2024 sebenarnya cuaca masih elnino, dan awal April 2024 baru memasuki musim penghujan.

Namun faktanya, di sela-sela elnino ini curah dalam beberapa pekan ini curah hujan semakin deras. Bahkan, terjadi guntur, kilat dan petir disertai dengan hembusan angin yang semakin kencang.

Menghadapi cuaca ekstrim dan tidak menentu seperti ini, Yobie Sandra berpesan kepada masyarakat Katingan yang ingin berpergian ke manapun juga agar selalu meningkatkan kewaspadaan.

Baik bepergian dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat agar selalu berhati-hati. Selain dari sisi kesehatan, juga keselamatan di jalan.

Dari sisi kesehatan, disarankan agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. “Karena, mencegah jauh lebih murah biayanya daripada mengobati,” terangnya.

Sementara dari sisi keselamatan, kepada masyarakat Katingan, jika melakukan perjalanan ke luar kota atau perjalanan jauh, jika keperluannya tidak mendesak lebih baik ditunda dulu, daripada di tengah perjalanan akan mengalami kendala.

“Karena, di tengah cuaca yang tidak menentu saat ini yang dikhawatirkan bukan saja curah hujan yang deras, tapi juga angin yang ribut selalu mendadak dan disertai guntur dan petir,” tuturnya.

‘’Badan yang sehat dan jiwa yang selamat merupakan nilai yang paling berharga. Dari sisi keselamatan, lebih baik kita menunda perjalanan daripada memaksakan diri, tapi beresiko,” katanya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Widiya Kumala Wati, Volunteer dan Satgas PPA dari Kalteng, Terima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi Bidang Sosial Budaya

Widiya Kumala Wati volunteer dari berbagai organisasi dan Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Provinsi Kalimantan…