Mendes PDTT ResmiKan Demplot di Desa Rawa Subur

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 4 September 2022 16:03WIB
Menteri Desa dan PDT Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Kapuas Ben Brahim meresmikan demplot di Desa Rawa Subur

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PPTT) Abdul Halim Iskandar, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas sekaligus meresmikan Demonstrasi Plot (Demplot) Peternakan Terpadu Berkelanjutan di Desa Rawa Subur (C3), Kawasan Transmigrasi Lamunti Dadahup, Kecamatan Kapuas Murung, Jumat (2/9/2022)

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan, demplot di Desa Rawa Subur yang bersinergi dengan BumDes Berkah Bersama ini bertujuan mendukung ketahanan pangan (food estate) di kawasan transmigrasi khususnya di Kabupaten Kapuas.

“Langkah ini sebagai bagian dari program penguatan ketahanan pangan desa-desa di kawasan transmigrasi dan ini menjadi bagian dari program pemulihan ekonomi nasional di level desa,” ungkap Halim. 

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan Demplot Peternakan Terpadu Berkelanjutan yang diberikan untuk desa ini. “Kita lihat sendiri, demplot ini sudah menghasilkan ayam bertelur rata-rata 100 telur lebih satu hari. Begitu juga untuk bebek bertelur yang juga 100 telur lebih sehari, dan ini dipasarkan untuk kawasan ini saja sudah habis, begitu juga saya melihat dikembangkan biogas oleh pak Kades,” ungkap Ben Brahim.

Ben Brahim berharap agar demplot ini menjadi pilot project bagi desa-desa lainnya untuk bisa terus dikembangkan, dan demplot seperti ini juga menjadi percontohan untuk desa-desa di kecamatan lainnya. 

“Mudah-mudahan demplot seperti ini juga nanti dibantukan di desa-desa, di kecamatan yang lain, biar dapat dilihat sebagai contoh nanti kita pilih kepala desa yang rajin, kreatif dan inovatif,” kata Ben.

Bupati mengatakan, adanya demplot ini menjadi angin segar dalam membangkitkan semangat bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Kapuas untuk mengoptimalkan segala potensi ekonomi peternakan dan sumber daya alam di daerahnya.

Tentunya ini akan berimbas pada peningkatan ekonomi kreatif dan produktif, sehingga dapat mensejahterakan masyarakat khususnya di wilayah kawasan transmigrasi Lamunti Dadahup dan juga Kecamatan Kapuas Murung. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

GAPKI se-Kalimantan Bakal Gelar Borneo Forum ke-7, Simak Jadwal, Lokasi, dan Acaranya

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dari seluruh cabang provinsi di Pulau Kalimantan bakal menggelar…