Mudik Idul Fitri 1444 H (2) 18.539 Pemudik Berangkat Melalui Pelabuhan Kumai

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Selasa, 18 April 2023 13:02WIB
Arus mudik di Pelabuhan Kumai, Kobar

Hingga H-6 arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, tercatat sebanyak 18.539 penumpang sudah berangkat melalui Pelabuhan Kumai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. 

“Terhitung dari H-15 hingga H-6 dari data kami sebanyak 18.539 penumpang sudah berangkat melalui Pelabuhan Kumai,” ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas III Kumai Hary Suyanto di Kumai. 

Hary menjelaskan, untuk hari ini Minggu (16/3) atau H-6 sebanyak 2.500 lebih penumpang yang akan berangkat ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Kumai. Mereka akan dilayani tiga unit kapal penumpang yakni KM Kirana III, KM Kelimutu, dan KM Niki Barokah. 

“Untuk KM Kirana III mengangkut 768 penumpang, untuk KM Niki Barokah mengangkut 367 penumpang, dan untuk KM Kelimutu akan mengangkut sebanyak 1.418 penumpang,” terang Hary. 

Pelabuhan Kumai setiap hari melayani arus mudik dengan rata-rata dalam setiap harinya ada 3 hingga 4 kali keberangkatan dengan tujuan Surabaya, Semarang dan Kendal. 

“Untuk total jumlah kapal yang melayani arus mudik tahun ini dari Pelabuhan Kumai ke Pulau Jawa yakni 12 unit kapal penumpang,” kata Hary. 

Untuk 12 unit kapal penumpang yang melayani arus mudik dari Pelabuhan Kumai ke Pulau Jawa sendiri yakni dari PT Pelni yakni KM Kelimutu, KM Lauser, KM Binaiya, KM Lawit, dan KM Awu. 

Sementara PT Dharma Lautan Utama (PT DLU) yakni KM Kirana I,  KM Kirana III, Dharma Rucitra 9, Dharma Kencana III, dan Dharma Kartika III. Selain itu ada KM Niki Barokah dari PT BLS dan KM Kolibodri dari PT ASDP. 

“Untuk puncak arus mudik lebaran tahun ini yang menggunakan transportasi laut melalui Pelabuhan Kumai kemungkinan terjadi pada tanggal 19 April atau H-2 Lebaran,” demikian terang Hary. 

Kepala Kantor Cabang PT Pelni Pangkalan Bun/Kumai, Roni Abdullah mengatakan, KM Kelimutu dari PT Pelni memberangkatkan 1.400 lebih penumpang dengan tujuan Semarang. 

“Hari ini KM Kelimutu memberangkatkan 250 penumpang peserta program mudik gratis bersama BUMN dari PT Pelni sebanyak 150 seat dan 100 seat dari PT Pelindo,” ucapnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Kalaksa BPBPK Prov Kalteng Ahmad Toyib ; 4 Kabupaten di Kalteng Terdampak Banjir

Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah (BPBPK Prov. Kalteng) mengelar Rapat Perkembangan…