Mudik Lebaran Masyarakat Diimbau Waspada Aksi Pencurian

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Minggu, 1 Mei 2022 16:37WIB

Potensi peningkatan kejahatan diprediksi akan lebih tinggi karena para pelaku kejahatan akan lebih banyak mencari mangsa untuk menutupi kebutuhan lebaran di tahun ini.

Untuk itu, Polresta Palangka Raya imbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat) saat meninggalkan rumahnya ketika mudik lebaran tahun ini.

Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa melalui Kasatreskrim Kompol Ronny M Nababan mengatakan, gandakan kunci keamanan saat masyarakat melaksanakan mudik lebaran.

“Ketika meninggalkan rumah, pastikan sudah terkunci dengan aman. Kalau bisa gandakan keamanan. Pastikan sambungan kabel listrik terlepas dari soket untuk mencegah bahaya kebakaran. Hanya hidupkan lampu yang dianggap penting untuk menyala,” katanya, kemari.

 Lanjutnya, Laporkan atau titipkan rumah kepada petugas kepolisian, keamanan setempat atau tetangga bila akan ditinggalkan dalam keadaan kosong dalam jangka waktu tertentu.

“Cara lainnya bisa dengan menitipkan rumah ke kerabat terdekat atau tetangga. Hal ini dianggap paling aman karena rumah bisa diawasi oleh orang yang dikenal,” ujarnya.

Di waktu terpisah, Kasat Sabhara Polresta Palangka Raya, AKP Gatot Sisworo, menerangkan pada arus mudik 2022 ini personel akan melaksanakan patroli ke sejumlah titik rawan kriminalitas dan pemukiman warga. 

Patroli dimaksudkan untuk mencegah terjadinya aksi pencurian saat banyak rumah yang ditinggal kosong oleh masyarakat. 

“Kita sudah siapkan personel untuk patroli, baik patroli roda dua dan roda empat. Pemukiman penduduk juga tidak luput dari patroli yang dilakukan,” tutupnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…