Museum Balanga jadi Destinasi Wisata Edukasi

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Senin, 25 Maret 2024 16:56WIB
Kepala UPT Museum Balanga, Kalimantan Tengah, Hartini Titin

Kepala UPT Museum Balanga, Kalimantan Tengah, Hartini Titin mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kunjungan masyarakat dalam pemanfaatan keberadaan Museum Balanga.

“Keberadaan Museum Balanga harus dapat dimanfaatkan, baik oleh masyarakat secara umum, wisatawan maupun para pelajar dan mahasiswa,” kata Hartini, di Palangka Raya. 

Sejauh ini lanjut dia, sudah ada peningkatan pengunjung yang memanfaatkan keberadaan Museum Balanga. Mulai dari kelompok masyarakat, wisatawan dan kelompok pelajar dari tingkat TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

“Setiap hari selau ada yang mengunjungi Museum Balanga, baik masyarakat secara umum, wisatawan nusantara hingga wisatawan mancanegara,” sebutnya.

Adapun untuk wisatawan mancanegara yang datang mengunjungi Museum Balanga, biasanya dilakukan berkelompok. Lalu ada juga yang datang sebagai turis serta sebagai peneliti. Terutama meneliti seni dan budaya serta kearifan lokal hingga tradisi suku Dayak di Kalteng.

Museum Balanga itu sendiri jelas Hartini, merupakan satu-satunya museum yang berada di Kota Palangka Raya ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah. Keberadaan museum ini diharap mampu menjadi bagian dari wisata edukasi.

Dalam Museum Balanga banyak tersimpan berbagai benda bersejarah, dan benda yang bernilai kearifan lokal turun temurun peninggalan dari leluhur suku Dayak. Seperti Balanga (Balanai), gong, benda kuningan. Lalu ada Sapundu, serta berbagai alat kearifan lokal yang memiliki historis dan lain sebagainya.

“Dari semua benda sejarah masa lalu itu dapat dipelajari guna menambah wawasan dan pengetahuan bagi setiap orang yang datang berkunjung ke Museum Balanga,” demikian jelas Hartini. ***

Share

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

RAZAK Jalani Fit and Profer Test di DPD Partai Gerindra Kalteng

Bakal Calon Gubernur (Bacalon) Kalimantan Tengah, Ir H Abdul Razak menjalani Fit and Proper Test…