Ogoh-Ogoh Karya Religi, Sampaikan Pesan Moral Kehidupan Masyarakat

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 22 Maret 2023 12:53WIB
Ogoh-ogoh

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Palangka Raya, I Made Sadiana, mengatakan ogoh-ogoh merupakan karya religi yang menyampaikan pesan moral terhadap kehidupan masyarakat.

“Perlu diketahui Ogoh-ogoh adalah karya seni patung menggambarkan kepribadian Bhuta Kala. Dalam ajaran Hindu Dharma, Bhuta Kala merepresentasikan kekuatan (Bhu) alam semesta dan waktu (Kala) yang tak terukur dan tak terbantahkan,” jelasnya.

Enam Ogoh-ogoh diarak keliling Kota Palangka Raya dengan rute Pura Pitamaha-Bundaran Besar-Jalan Tjilik Riwut-Jalan Rinjani-Pura Pitamaha.

“Setelah dipamerkan melalui arak-arakan pawai, Ogoh-ogoh kemudian dibakar sebagai tanda dimusnahkan segala hal yang buruk,” terang I Made Sadiana

I Made Sadiana menjelaskan, untuk bahan Ogoh-ogoh ada yang berbahan kayu dan bambu, agar mudah dibakar. Untuk proses pembuatannya dapat mencapai berminggu-minggu sebelum Nyepi.

“Ogoh-ogoh yang ditampilkan dari hasil karya Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya, Hindu Kaharingan, Hindu Jawa, Hindu Bali, dan unsur masyarakat lainnya,” bebernya.

Dirinya juga mengungkapkan rasa bangga dan bahagia, karena yang menyaksikan kegiatan ini tidak hanya umat Hindu saja melainkan semua warga Kota Palangka Raya antusias menyaksikannya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…