Pastikan Laik Layar, Sat Polairud Polres Kotim Lakukan Pengecekan Dokumen Kapal

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 14 Maret 2022 18:53WIB
Pengecekan dokumen kapal oleh Sat Pol Airud Polres Kotim.

Satpolairud Polres Kotim jajaran Polda Kalteng melaksanakan patroli rutin di perairan DAS Mentaya Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalteng, Minggu (13/03/ 2022)

Pada kegiatan tersebut telah dilakukan pemeriksaan kapal yang sedang melintas dan berlayar di DAS Mentaya, dalam pemeriksaan tersebut dilakukan pengecekan terhadap dokumen kapal, dokumen Nakhoda dan Abk, Manifest muatan serta draft tongkang.

Pemeriksaan dilakukan untuk mencegah terjadinya illegal minning, illegal oil dan Narkoba serta juga memastikan bahwa kapal laik layar dan tentu saja lengkap dalam alat kelengkapan keselamatan yang memadai dan masih berfungsi tidak melebihi masa guna pemakaian.

Kapolres Kotim AKBP. Sarpani, S.I.K, M.M melalui Kasat Polairud Polres Kotim AKP Herbet Parluhutan SimanjuntaK, S.H. menerangkan bahwa Kapal yang berlayar wajib dan memiliki Surat ijin berlayar disertai dokumen lainnya sesuai dengan undang undang pelayaran no 17 tahun 2008 tentang pelayaran.

Kasatpolairud juga menambahkan bahwa selain melakukan pengecekan dan pemeriksaan kapal juga dilakukan imbauan berhati hati saat berlayar dan tidak membuang sampah atau limbah kapal saat berlayar karena dapat mencemari sungai/laut. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Gubernur Kalteng Salat Ied 1445 H bersama Masyarakat di Bundaran Besar Palangka Raya

Gubernur Sugianto Sabran bersama ribuan masyarakat dengan khidmat mengikuti Salat Idul Fitri Pemerintah Provinsi (Pemprov)…