Patroli Gabungan, Dapati 36 Pengunjung THM Dibawah Umur dan Tidak Memiliki Identitas

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Senin, 12 September 2022 14:16WIB
Petugas gabungan memeriksa identitas pengunjung Cafe

Dalam mencegah dan menagani penyakit sosial masyarakat di Wilayah Kota Cantik, Tim gabungan menggelar patroli di salah satu cafe di Jalan Mahir Mahar Kota Palangka Raya, Sabtu (10/9/2022) malam.

Adapun Tim Gabungan tersebut terdiri dari Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palangka Raya, Dinas Sosial Kota Palangka Raya serta Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya.

Kepala Satuan Polisi Pamong praja Kota Palangka Raya, Yohn B.G. Pangaribuan, AP melalui Kepala Bidang Penyidik Pegawai Negeri Sipil dan Penegakan Produk Hukum Daerah Djoko Wibowo selaku koordinator dalam kegiatan tersebut menyebutkan bahwa kegiatan patroli gabungan tersebut yaitu dalam rangka mencegah dan menagani penyakit sosial masyarakat di Wilayah Kota Palangka Raya.

Disebutkannya dari hasil kegiatan, terdapat 36 orang pengunjung yang terdiri dari pria dan wanita yang masih dibawah umur dan tidak dapat menunjukkan identitasnya.

“Kepada 36 orang pengunjung ini kami perbolehkan untuk pulang. Namun sebelumnya dilakukan pendataan dan pembinaan oleh pihak Dinas Sosial dan Satpol PP, mereka yang terjaring harus dijemput langsung oleh orang tua/ wali masing-masing dengan syarat juga membawa kartu identitas dan dapat membuktikan bahwa yang menjemput benar-benar orang tua/ wali dari yang bersangkutan”, kata Djoko.

Lebih lanjut, ia menyebutkan kepada orang tua/wali pengunjung yang dibawah umur tersebut, pihaknya menyampaikan ketentuan dan larangan bagi anak dibawah umur untuk tidak berada dilingkungan tertentu khususnya ditempat-tempat usaha yang menyediakan minuman beralkohol dan tempat yang rawan akan perkelahian/konflik.

Disini kami juga menegaskan agar orang tua/wali lebih ekstra dalam melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya atau anggota keluarganya agar tidak mengunjungi tempat hiburan malam yang bukan untuk anak dibawah umur”,terangnya.

“Selain itu, kepada pelaku usaha kami juga menegaskan untuk tidak mempekerjakan dan/atau menerima pengunjung yang termasuk kategori anak dibawah umur”, tambahnya.

Menurutnya, hal tersebut sudah diatur dalam Pasal 68 huruf e dan huruf f Peraturan Daerah Kota Palangka Raya Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Keparawisataan serta Pasal 8 huruf b dan Pasal 9 ayat (1) Peraturan Walikota Palangka Raya Nomor 34 Tahun 2015 Tentang Pengawasan, Pengaturan Dan Pengendalian Minuman Beralkohol Dalam Wilayah Kota Palangka Raya.

“Apabila ketentuan dan aturan tersebut tetap tidak diindahkan maka kepada pelaku usaha akan diberikan sanksi, baik itu sanksi administratif maupun sanksi pidana sesuai ketentuan yang berlaku”, tutupnya. ***

 

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Komitmen Wujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap Tahun 2024

Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng Pimpin Apel Aktivasi Posko dan Pos Lapangan Satgas Pengendalian Karhutla Badan…