Pemkab Barito Selatan Terima UHC Award 2023

Reporter : kaltengdaily
Editor : kaltengdaily
Rabu, 15 Maret 2023 10:08WIB
Pj Bupati Barsel Lisda Arriyana menerima penghargaan UHC Award 2023 dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel) menerima penghargaan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan  oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) Tito Karnavian kepada Penjabat (Pj)  Bupati Barsel Lisda Arriyana di Gedung Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Penyerahan penghargaan UHC 2023 JKN ini disaksikan Wakil Presiden RI Maruf Amin, Kemenko PMK RI Muhadjir Effendy, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional.

Wapres Maruf Amin dalam arahannya menyampaikan JKN sebagai salah satu program strategis nasional sejak 2014, Telah menjadi tonggak revolusioner dalam penataan layanan kesehatan masyarakat di Indonesia.  

Penghargaan UHC 2023 ini diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota di Indonesia yang telah mencapai kepesertaan JKN lebih dari 95% dan Kab.Barsel mencapai kepesertaan JKN 110,66 persen.

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan, promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau.

Pj. Bupati Barsel Lisda Arriyana dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan seluruh elemen terkait di Kab. Barsel yang telah berpartisipasi dalam program JKN.

“Penghargaan ini menjadi bukti komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program JKN dalam peningkatan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat,” ujar Lisda.

“Saya berharap kepada masyarakat Kab. Barsel bila merasa sakit, mereka bisa berobat ke puskesmas dan ke rumah sakit cukup dengan membawa dan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kab. Barsel  dan akan mendapatkan pelayanan secara gratis,” tegasnya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

Transaksi Keuangan, Barang dan Jasa Selama FBIM dan FKN 2025 Capai Rp20 Miliar

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2024 berakhir, dan ditutup  Gubernur…