Pemkab Katingan Anggarkan Rp3 Miliar untuk Ruas Jalan Pakahi – Mendawai

Reporter : kaltengdaily
Editor : Kaltengdaily
Selasa, 23 April 2024 19:05WIB
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Katingan, Christian Rain

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan  menganggarkan Rp3 Miliar untuk melanjutkan pembangunan ruas Jalan Pakahi Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang menuju Kecamatan Mendawai.

Dana tersebut berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024 yang sudah dibahas Tim Anggaran bersama Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang telah disetujui Tahun 2023 lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Katingan, Christian Rain mengatakan,  anggaran Rp3 miliar hanya untuk melanjutkan pembangunan ruas jalan tersebut. Dan pada tahun 2025 nanti akan dianggarkan lagi

“Setiap tahun ruas jalan tersebut kita anggarkan agar bisa tuntas dan dapat dilalui dan oleh seluruh masyarakat kita yang berada di wilayah Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai,” tuturnya, kemarin.

Selain itu, dengan setiap tahunnya dianggarkan untuk pembangunan ruas jalan tersebut, akan membuka perhatian pula dari Kementerian PUPR, untuk mempercepat tembusnya jalan tersebut.

Menurut Christian Rain bersama Pj Bupati Katingan dirinya dalam minggu ini akan menemui Bappenas dan Kementrian PUPR, ingin membicarakan terkait pembangunan ruas Jalan Pakahi – Mendawai ini. ‘’Siapa tahu pembangunan ruas jalan ini menjadi salah satu Proyek Strategi Nasional (PSN),’’ katanya, kemarin.

Karena di hilir Katingan ini, seperti di wilayah Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai ini ada food astate alami, yang bisa menghasilkan puluhan ribu ton beras dari hasil pertanian masyarakat Kecamatan Katingan Kuala dan Kecamatan Mendawai. “Bahkan bisa surplus puluhan ribu ton per tahun,” katanya. ***

Kategori Terkait

Author Post

Terpopuler

iklan02
iklan02

Pilihan

Terkini

EKONOMI BISNIS

FBIM Kalteng 2024 – Kabupaten Lamandau Juara I Putra, Barito Utara I Putri Lomba Manyipet

Lomba Manyipet pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) untuk…